Pengukuhan .la Nama Domain Negara Republik Lao

irigster

New member
Tanggal: 13 Dec 2002
Sumber: NamaDomain.com

NamaDomain.com, Internet Assigned Numbers Authority (IANA) ? telah mengumumkan secara resmi peregistrasian domain .la ? nama domain negara yang diperuntukkan bagi rakyat Republik Lao yang nantinya domain baru tsb akan dipasarkan di Los Angeles, Amerika Latin dan Louisiana.

Setiap nama domain negara seperti .la, .us, maupun .uk dikelola oleh badan yang diakui disetiap negaranya untuk mengatur masalah teknis atas nama domain ybs ? sebagai contoh, badan yang mengatur peregistrasian nama domain negara di Inggris (UK) diatur oleh Oxford ? Nominet UK. Badan tsb nantinya mengatur ke proses selanjutnya dengan mengajukan kembali ke IANA ? bagian yang berwenang dalam pengaturan nama domain negara yang telah diangkat resmi oleh ICANN.

Bukan seperti kebanyakan nama domain negara lainnya (ccTLD), nama domain .la saat ini dikendalikan secara perorangan ? dalam hal ini Mr. Sisomphet Nhoybouakong yang mengendalikannya. Tetapi nantinya, bila internet telah berkembang dan menjadi bagian penting infrastruktur perdagangan, pemerintah Republik Lao nantinya akan mengoperasikannya secara formal bukan perorangan lagi.

Pada awal tahun 2002 Pemerintah Lao mengajukan nama domain .la untuk kembali diberikan wewenang kepada LANIC - the Lao National Internet Committee. IANA menyetujui pendelegasian ulang, setelah dilakukan peninjauan kembali dan nantinya perubahan tersebut akan dilakukan akhir tahun depan.

Tertarik untuk meregistrasikannya?...(fh)
 
Back
Top