10 Tips Jitu Mengatasi Koneksi WIFI Lemot Dan Cara Mempercepat Koneksi WIFI

majalahberita855

New member
Modem_WIFI.jpg


Hal paling menjengkelkan ketika Koneksi nirkable "Wifi" kita sedang mengalami masalah koneksi yang lemot ketika kita sedang mengerjakan sesuatu tentu sangat merasa tertekan ketika kita lagi mau cepat jadi terhenti karena Koneksi yang lemot dari Wifi kita.

Namun disini anda tidak perlu panik lagi karena apabila koneksi Wifi anda Lemot dirumah atau dikantor. Langkah yang harus anda lakukan hanya dengan mengecek Router yang anda gunakan, mulai dari posisi letaknya sampai pengaturan router. karena ini berpengaruh kepada kuat atau tidaknya sinyal yang didapat pada Wifi kita.

Sebelum anda mengecek Router pastikan anda mencoba 10 Tips Jitu Mengatasi Koneksi Wifi Lemot dan Cara Mempercepat Koneksi Wifi, seperti dikutip dari KompasTekno dari Vox.

1. Cek Posisi Router

Pengecekan posisi letak Router anda memang merupakan hal yang sepele, namun apakah anda tahu efek buruknya terhadap koneksi Wifi anda sangat besar, dikarenakan Router berfungsi sebagai alat yang mengirimkan sinyal kesemua arah. Oleh karena itu dianjurkan perhatikan letak Router anda dan usahakan bisa ditaruh dibagian tengah ruangan.
2. Jangan Meletakan di Lantai

Tips Jitu lainnya letakan Router anda di tempat yang tinggi, seperti di meja atau di lemari. Posisi yang lebih tentu sangat menguntungkan karena Router berfungsi mengirimkan sinyal kebawah. Kenapa jangan diletakan di lantai ? Karena Lantai mengandung bahan semen, beton, dan logam yang sulit untuk ditembus oleh Sinyal Wifi.

3. Letakan Router di Tempat Khusus

Sinyal Wifi yang kuat tergantung dimana anda menyimpan Router tersebut. atas dasar ini sebaiknya anda meletakan Router anda pada ruangan dimana yang sering anda gunakan pada saat menggunakan Internet.

4. Pilih Tempat Terbuka

Ada banyak bahan yang bisa menggantu kekuatan sinyal Router anda dan mengurangi kinerjanya. Agar kinerja Sinyal Router anda bisa bekerja optimal usahakan letakan lah Router diantara dinding atau dalam lemari, Usahakan tempatnya tidak berhempitan agar Router tersebut bisa terlihat dari manapun.

5. Jauhkan dari Elektronik Lain

Kita sering meletakan Router kita berdekatan dengan alat-alat Elektronik bukan ? Ternyata ini sangat memberikan efek besar terhadap koneksi Wifi kita karena perangkat apapun itu yang mengandung sinyal Elektromagnetik bisa menganggu kinerja dan melemahkan koneksi sinyal Wifi kita.

6. Atur Antena Agar Berdiri

Selalu memperhatikan Antena dari Router anda berada dalam posisi vertikal. dikarenakan posisi ini akan membuat pancaran sinyal Wifi kita terpancar secara horizontal untuk menjangkau sampai seluruh ruangan dan sinyal Wifi pun lebih mudah didapatkan.

7. Periksa Kekuatan Sinyal

Cara mengecek kekuatan Sinyal koneksi Wifi kita pun sekarang tidak usah susah-susah lagi karena ada ada berbagai Aplikasi seperti, Cloudcheck atau Amped yang dapat anda gunakan untuk keperluan diatas. Saat anda mengecek sinyal koneksi Wifi anda, Anda sendiri bisa mengecek sendiri dibagian mana yang menerima Sinyal paling kuat dan mana yang menerima sinyal paling lemah.

8. Mengatur Piranti Lunak pada Router

Tentunya ada Cara lain untuk mempercepat koneksi Wifi anda adalah dengan memasukan pengaturan tertentu pada piranti lunak pada Router anda. Akses yang menuju ke piranti lunak ini bisa anda buka dengan melalui IP khusus. anda sendiri bisa mengecek pada bagian bawah Router atau pada panduan yang sudah tersedia pada kota boks Router anda.

Setelah anda masuk kedalam menu pengaturan, coba ubahlah channel frekuensi router tersebut, Biasanya ada 14 Channel yang bisa anda pilih sendiri. Channel terbaik biasanya diantara 1, 6, dan 11. dikarenakan Channel tersebut biasanya minim terjadi gangguan karena jarang berlawanan dengan Channel yang digunakan oleh orang lain.

Selain pengaturan Channel tentu ada hal lain lagi yang harus anda perhatikan, seperti mengecek juga pemutakhiran firmware anda. biasanya pembuat Router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

9. Melakukan Speed Test

Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa cepat koneksi yang anda dapatkan dan mengetahui letak masalah pada koneksi anda. Pertama anda bisa mencoba kecepatan koneksi anda pada Wifi anda terlebih dahulu dilanjutkan koneksi pada Kabel anda. Apabila kedua-duanya lambat berarti itu masalah pada penyedia Internet anda yang memiliki koneksi yang buruk.

10. Beli Router Baru

Apapbila anda sudah melakukan Hal-hal diatas yang sudah kita terangkan ternyata Koneksi Internet anda masi Lemot, ini merupakan Jalan terakhir, anda sudah mencoba semua dan anda sudah memeriksa semua tidak ada masalah/gangguan dan memastikan masalah bukan berasal dari penyedia layanan Internet anda, Hal yang harus anda lakukan yakni Membeli Router Baru.

Semoga Artikel kita mengenai 10 Tips Jitu Mengatasi Koneksi Wifi Lemot dan Cara Mempercepat Koneksi Wifi sedikit membantu anda mengatasi jaringan koneksi internet yang lemot pada perangkat anda, Salam admin Majalahberita855.com.
 
Back
Top