Ekspor Malaysia Jatuh, Harga CPO Menurun

adidananto

New member
cpoo-700x357.jpg


Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Senin pagi terpantau masih melanjutkan pola pergerakan melemahnya (28/7). Hari ini harga CPO masih tertekan akibat terpukulnya harga minyak mentah. Korelasi positif antara CPO dan minyak mentah membuat harga CPO bergerak beriringan dengan pergerakan harga minyak mentah.

Pelemahan harga minyak mentah mengakibatkan permintaan terhadap bahan bakar alternatif biofuel menjadi berkurang. Dampaknya permintaan terhadap CPO yang merupakan salah satu bahan baku utama biofuel juga mengalami penurunan.

Data ekspor CPO Malaysia yang dikumpulkan oleh Intertek mengalami penurunan yang luar biasa pada periode 1 – 25 Juli lalu. Terjadi penurunan sebesar 18 persen pada ekspor periode tersebut dibandingkan periode yang sama bulan Juni sebelumnya.

Sementara itu harga minyak mentah pada perdagangan hari ini juga memburuk. Pasar minyak mentah saat ini sudah berada dalam kondisi oversupply sehingga kabar bahwa jumlah unit operasi pengeboran minyak yang bertambah di Amerika Serikat menimbulkan kekhawatiran bahwa oversupply akan makin menjadi.


 
Back
Top