poligami menurut anda?

Megha

New member
kalo menurut islam jelas boleh dengan syarat2 suami adil berkemampuan dsb
nah pertanyaan nya sekarang apa semua wanita iklas dan apa semua lelaki pantas berpoligami tentu tidak kan
Nah, saya mau tau Dong pendapat Den Mas/Ayu semuanya...
 
ngetes nicchhh.... ndak pap wes asal lo tau aja yaa emang udah jelas bole n dasar2nya semuanya ok tp ndak mudah lo ngelakuinnya bahkan disuruh adil lg waaah... itu si sulit ndak banyak orang yang bisa ngelakuiinya. kalo den ayu keberatan ya di musyawarhkan aja pokoknya jangan sampe salah pengertian kalo ndak setuju malah2 ngomong kalo poligami ndak bole nanti kalo dalam Islam namanya murtad lho... hati2. tapi jika den ayu ikhlas waaah perlu diacungi jempol tuh ... jangan kuatir balasannya nanti Ruar biasa bahkan ada yang mengatakn seperti mati sahid (langsung masuk surga tanpa ada proses hisab/perhitungan amal)
 
Kalo saya si gampang aja....
sebuah artikel menyebutkan trend pertumbuhan penduduk menunjukkan perbandingan jumlah penduduk pria banding wanita di dunia ini pada tahun 2020 adalan 1 : 4 atau jika misalnya ada 3 milyar penduduk pria maka jumlah penduduk wanitanya adalah 12 milyar. Jika poligami dilarang dan satu pria hanya boleh menikah dengan satu wanita, maka kita akan membiarkan 3 dari 4 wanita untuk tidak menikah atau jika menggunakan contoh jumlah penduduk di atas maka 9 milyar wanita tidak akan memiliki suami.
Jadi boleh ga????
Tapi saya ga mau poligami koq :)
 
Tidak semua lelaki mampu berpoligami dan tidak semua wanita iklas tetapi
maka kita akan membiarkan 3 dari 4 wanita untuk tidak menikah atau jika menggunakan contoh jumlah penduduk di atas maka 9 milyar wanita tidak akan memiliki suami. maaf mau jadi wanita penghibur lebih hina lagi dan haram lo??? so.. tinggal pilih berpologami ama siapa yang cocok deh....he..heee
 
Poligami bleh, asal bisa berlaku adil

sedangkan indikator adil itu bagaimana?
serahkan kepada pribadi masing-masing:smirk:
 
Poligami tidak dilarang, itu benar..
Tapi klo mau poligami, y lihat2 dlu. Klo menurutquw, poligami itu sebenarny sebuah solusi. Kita lihat pada fakta sekarang. Berapa perbandingan antara laki2 dan perempuan. Klo g salah 1:2 bahkan 1:3. itu perbandingan jumlah kelahiran, jadi wanita lebih bnyk jumlahnya. Lha trus kLo setiap orang nikah cuman 1 istri, yg lain dapet apa?? khan y pengen... tp itu adalah solusi, bukan wajib. Dan dilakukan dengan syarat2 tertentu. Dengan tidak merendahkan martabat wanita.

Contoh yg baik, adalah menikahi janda yg kekurangan DLL, dsb.

Klo untuk pemenuhan hawa nafsu, yang bnyk orang lebih condong pada alasan ini. Saya rasa, poligami adalah solusi, tentu dengan syarat2 itu. Sebagai perbandingan, kita lihat di Amerika dan Eropa. Mereka menolak Poligami, dipandang sebagai perbuatan rendah. Tapi SEBAGIAN BESAR dari mereka, melakukan seks bebas. Mungkin setiap tugas keluar kota, ato bahkan selingkuh di rumah sendiri.. ckckck, makany itu tingkat perceraian di amrik tinggi bgt. 8 dari 10 pernikahan, aq lupa sumbernya mana. Padahal sebagian besar dari mreka,menganut agama yg meng-haramkan perceraian... ya mending poligami tho. Sudah jelas,sah. dan ada ikatan pernikahan. tapi kembali pada diri kita masing2, mapukah kita. Karna poligami hanyalah solusi.
 
Kalau Menurut gua sih poligami itu pahalanya besar, tapi juga resiko mendapatkan dosa juga besar. jadi kalau mau poligami mikir dulu mau pahala besar atau dosa besar, soalnya jika ada istri yang merasa ditelantarkan maka dosa buat laki-laki, kalau punya kekayaan lebih sih nggak pa-pa itu pun masih sulit soalnya cewek cemburuannya besar. Benar-benar pria yang sangat baik baru bisa poligami.
 
poligami itu adalah pelacuran yang di-sahkan pemuka2 agama, karena pemuka2 agama itu sendiri juga sangat doyan seks.

apa kata tetangga kalo pak kyai kita main ke lokalisasi,
kan mending main ma wts yang udah dibayar kontrak jadi istri ke 3 atau keempatnya
 
wanita yg di mau berarti menyimpang dr syariat islam, tetapi jika si suami itu menikahnya bukan untuk tujuan nafsu belaka...............
 
itu lo nikah, yang ditentukan kapan tanggal cerainya, kayak orang syiah. Misalnya saya nikahi seorang cewe, dengan maskawin 5 miliar selama dua bulan, nah selama dua bulan saya menjadi suaminya, lewat 2 bulan dah nggak sah lagi.... nah kan .... udah kayak pelacuran aja cuma beda tipis, makanya dalam ulama agama islam SUni Ahlusunah waljamaah mengatakan kawin kontrak adalah haram dan berdasarkan pada hadisthadist shoheh juga
 
aku sih.. ikhlas saja, kalo suamiku nanti mau berpoligami. asal, dengan berbagai syarat dan sesuai dengan syariah Islam..
 
aku sih.. ikhlas saja, kalo suamiku nanti mau berpoligami. asal, dengan berbagai syarat dan sesuai dengan syariah Islam..

nah mba kalina gak usah takut masalah poligami karena udah diterangin di surat an nisaa' ayat 3
Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil[1], maka (kawinilah) seorang saja[2], atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.


[1]. Berlaku adil ialah perlakuan yang adil dalam meladeni isteri seperti pakaian, tempat, giliran dan lain-lain yang bersifat lahiriyah.

[2]. Islam memperbolehkan poligami dengan syarat-syarat tertentu. Sebelum turun ayat ini poligami sudah ada, dan pernah pula dijalankan oleh para Nabi sebelum Nabi Muhammad s.a.w. Ayat ini membatasi poligami sampai empat orang saja.
Asal mba megha tau aja di alkitab pun ada masalah poligami
Sulaiman yang bijaksana mempunyai 1000 istri dan gundik:
(a) "Ia (Sulaiman) mempunyai 700 istri dari kaum bangsawan dan.300gundik; istri-istrinya itu menarik hatinya (daripada Tuhan)" (Injil - 1 Raja-raja 11: 3).
(b) Ibrahim mempunyai istri lebih dari satu; dan juga Israel (Yakub) dan Raja Daud.
Tak ada satupun perkataan yang mencela pernikahan poligami di dalam kitab suci Injil
jadi bukan tanpa bukti setiap jawaban
 
Asalamualaikum, Saya warga baru... Salam kenal buat Anda semua...

Hukum Poligami?
Dimasa Rosulullah SAW, poligami bertujuan untuk menikahi para wanita yang suaminya gugur dalam perang sedangkan para wanita tersebut mempunyai putra - putri hasil dari benih para almarhum/syuhada yang harus di rawat/dinafkahi.
Tujuan lain dari poligami di zaman tsb juga untuk menghindarkan para wanita menjadi "pelacur" karena terpaksa harus menafkahi keluarga sedangkan para suami gugur dalam perang, atau mungkin bagi para gadis karena sang bapak juga gugur atau menjadi korban perang...
Rosulullah pribadi memang beristri hingga 11 ??!!!?? Tetapi 9 istri beliau ternyata dilamar dalam keadaan janda dan memiliki putra/putri yang harus di rawat/dinafkahi... Ada seorang istri yang memang seorang gadis (Ibunda dari Maksum (satu-satunya putra Rosulullah SAW tetapi meninggal pada usia 6-tahun)) dan istri Beliau yang pertama adalah Siti Khatijah yang usianya 20-tahun lebih tua dari pada usia Rosullah SAW saat itu.
Menurut pandangan saya, saat ini lebih banyak orang berpoligami karena "aji-mumpung" dan "nafsu besar"... Mumpung punya banyak harta dan merasa sanggup menafkahi lebih dari satu istri sedangkan kebutuhan biologis ternyata "out of control"... Asal lihat daun muda, nafsu tidak terkendali...
Ini sudah keluar dari tujuan berkeluarga yang sakinah... bahkan sering antara Istri 1, 2, 3, dst... sering baku hantam meski suaminya telah berlaku adil sekalipun... Well sebab "aura"-nya bukan karena aura ikhlas tetapi nafsu... Perbuatan membagi sesuatu dengan adil belum tentu ikhlas tetapi perbuatan ikhlas lebih relevan dengan keadilan...
Ikhlaskah Anda berpoligami menikahi janda miskin dengan anak tiri yang masih membutuhkan nafkah yang merupakan peninggalan suami dari janda tsb, dan ternyata janda tsb umurnya lebih 15-tahun tua dari pada umur Anda?
Ingatlah, poligami dapat menjadi fatal atau bermanfaat tentu sesuai tujuannya...
Dalam Al Qur'an memang di-halal-kan, tetapi akan menjadi dosa dan fitnah jika menyimpang dari tujuan yang "Islami"...
 
Last edited:
Back
Top