Mourinho Kepada Ronaldo: Penghargaan Tim Yang Diutamakan

lorriane

New member
Mourinho Kepada Ronaldo: Penghargaan Tim Yang Diutamakan


Cristiano-Ronaldo-2015-34-700x315.jpg



Madird, SunduL – Pelatih Chelsea Jose Mourinho mempertanyakan Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik di dunia, dan memuji bintang Chelsea Eden Hazard.

Ronaldo memenangkan penghargaan Ballon d’Or bulan Januari lalu namun pada akhir musim mereka tidak memenangkan gelar juara sama sekali.

Dan Mourinho yang pernah melatih Ronaldo selama berada di Santiago Bernabeu, yakin jika kesuksesan pribadi seharusnya datang setelah sukses bersama klubnya atau tim nasional.

Ketika ditanya apakah Ronaldo harus selalu disandingkan bersama pemain Barcelona Lionel Massi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, Mourinho mengatakan: “Saya pikir begitu. Saya tidak suka jika pemain atau pelatih yang memenangkan penghargaan pribadi tanpa diiringi dengan kesuksesan tim. Tentu saja ini juga bergantung dari musim yang mereka jalani.

“Mereka seharusnya dapat memenangkan beberapa gelar juara, bukankah begitu? Sepakbola tanpa gelar juara tidak ada apa-apanya.

“Messi memenangkan treble. Dia menjuarai tiga kompetisi sekaligus, dia juga sampai ke babak final Copa America bersama Argentina. Dia memiliki musim yang fantastis bagi dirinya sendiri dan timnya.

“Saya tidak mengatakan jika Ronaldo tidak bagus. Yang hanya ingin saya katakan adalah, dalam pandangan saya, setiap pemain sepakbola di dunia ini seharusnya mengerti jika kepentingan klub harus lebih diutamakan.”

Kualitas yang dimiliki Hazard menjadikan dia sebagai pemain paling banyak dilanggar di Inggris dan Mourinho mengkhawatirkan penyerang itu akan mengalami cedera.

“Hazard sangat beruntung karena dia tidak mengalami cedera pada kakinya musim lalu,” tambah Mourinho. “Dia menjadi lebih semakin kuat dan kuat, tidak hanya tubuhnya melainkan juga sikapnya dalam bermain. Dia bukanlah seorang pemain yang banyak bertingkah.

“Setelah medapatkan banyak tackle dia tidak pernah berguling dengan berlebihan seperti yang dilakukan banyak pemain.

“Namun kenyataannya adalah jika musim lalu dia sangat beruntung – kita lihat apa yang akan terjadi musim depan. Dia sudah mengalami banyak cedera. Dia mendapatkan tackle yang keras dan seharusnya dapat mengalami cedera. Saya melihat banyak pemain yang mengalami cedera di kaki dan pergelangan kakinya saat mendapatkan tackle yang lemah.

“Saya akan menjaga dia namun ini di luar batas saya. Saya tidak ingin mengubah mental atau kepribadiannya. Saya tidak ingin dia memulai dengan bertindak berlebihan ataupun menangis. Saya ingin Hazard menjadi seperti apa yang dia ingini.”



Apakah yang diinginkan Mourinho dari Ronaldo, dengan pernyataan seperti itu ?
 
Back
Top