Waspadalah terhadap dampak penyalahgunaan narkoba bagi penggunanya

ani124

New member
Waspadalah sebelum memakai narkoba,Penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang dikalangan generasi muda dewasa ini meningkat Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda,bisa membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini dikemudian hari.

Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan jadi penerus bangsa,makin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur saraf.hingga pemuda tak dapat berpikir jernih.

Akibatnya,generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya tinggal kenangan.Sasaran dari penyebaran narkoba ini ialah kaum muda ataupun remaja.

jika diambil rata- rata usia sasaran pengguna narkoba usia pelajar, yaitu umur 11 sampai 24 tahun. Hal itu mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu- waktu bisa mengincar anak didik kapan saja

Efek dampak penggunaan narkoba dalam berbagai bentuk antara lain sebagai berikut :
  • Menyebabkan penurunan atau perubahan kesadarannya.
  • Menghilangkan rasa.
  • Mengurangi hingga menghilangkan rasa nyerinya.
  • Menimbulkan ketergantungan / adiktifnya (kecanduan).

Bahaya narkoba untuk kesehatan yg terberat ialah efek ketergantungan obat itu sendiri.Karena dengan efek buruk yg ditimbulkan bagi para pecandu narkoba ialah keinginan untuk selalu memakainya secara berulang.

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Diindonesia,pencandu narkoba ini perkembangannya makin pesat.pencandu narkoba itu pada umum berusia antara 11 sampai 24 tahun.usia tersebut ialah usia produktif ataupun usia pelajar.

Pada awal pelajar yang mengonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalan dengan rokok.Karena kebiasaan merokok ini sepertinya dah menjadi hal yg wajar dikalangan pelajar saat ini.

Dari kebiasaan inilah,pergaulan trus meningkat,adapun saat pelajar tersebut bergabung ke dalam lingkungan orang-orang yang dah menjadi pencandu narkoba. Awal mencoba,lalu kemudian mengalami ketergantungan.

Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak ataupun remaja pelajar antara lain ialah sebagai berikut :
  • Perubahan dalam sikapnya, perangai dan kepribadian.
  • Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajarannya.
  • Menjadi mudah tersinggung dan cepat pemarah.
  • Sering menguap,mengantuk, dan rasa malas.
  • Tidak mempedulikan kesehatan dirinya.
  • Suka mencuri untuk membelikn narkoba.

Bahaya Dampak Efek Negatif Buruk Penyalahgunaan narkoba bagi tubuh dan kesehatan manusia bahwa dalam hal ini secara umum akibat penggunaan narkotika ini akan memberikan dampaknya sebagai berikut ini:

Depresi. Dalam hal ini para pemakai akan tertidur atau tak sadarkan diri.
Halusinogen. Dalam hal ini para pemakai akan berhalusinasi (melihat sesuatu yang sebenarnya tak ada).
Stimulan. Akibat pengaruh stimulan pada narkotika dan obat-obatan terlarang untuk organ tubuh antara lain ialah mempercepat kerja organ tubuh seperti jantung dan otak hingga pemakai merasa lebih bertenaga untuk sementara waktu. Karena organ tubuh terus dipaksa bekerja di luar batas normal, lama-lama syaraf-syarafnya akan rusak dan dapat mengakibatkan kematian.
Adiktif (Kecanduan). Dampak pengaruh negatif kepada para pemakai dalam hal ini ialah akan merasa ketagihan sehingga akan melakukan berbagai cara supaya trus bisa mengonsumsi.Jika pemakai tak bisa mendapatkan,tubuhnya akan ada pada kondisi kritis (sakaw).

Pendidikan moral dan keagamaan perlu lebih ditekankan pada para pemuda pelajar genereasi penerus bangsa. Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak kedalam lingkaran syetan narkotika ini ialah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yg mereka serap hingga perbuatan tercela seperti ini pun akhirnya mereka jalani. Nh itulah dampak penyalahgunaan narkoba semoga bermanfaat bagi anda semua,selamat tinggal narkoba,

Sumber : Waspadalah Dampak penyalahgunaan narkoba bagi pemakai
 

Attachments

  • images.jpg
    images.jpg
    39.3 KB · Views: 1,470
Back
Top