Harga CPO Makin Murah Dipicu Kenaikan Ringgit

adidananto

New member
cpo1-700x357.jpg



Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Senin siang ini anjlok luar biasa tajam (1/8). Hari ini harga CPO terpukul akibat kinerja harga minyak mentah yang masih terpuruk hingga kembali mencapai posisi paling rendah dalam 4 bulan belakangan. Dorongan peningkatan ringgit juga menjadi sentiment negative yang membuat harga komoditas terkikis.

Harga minyak mentah hingga sesi perdagangan Senin masih kuat berada dalam trend bearish. Pada perdagangan terakhir minggu lalu harga komoditas energy tersebut terdesak turun nyaris sebesar 3 persen akibat kekhawatiran mengenai turunnya permintaan dari Tiongkok. Melambatnya aktivitas manufaktur di Negeri Tirai Bambu juga menjadi salah satu penyebab anjloknya harga CPO Malaysia hari ini.

Sementara itu nilai tukar ringgit terpantau bergerak naik terhadap dollar disebabkan indeks dollar sedang cenderung melemah. Kenaikan nilai tukar ringgit membuat harga CPO Malaysia menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan pun mengalami penurunan pada perdagangan hari ini.


 
Back
Top