Wall Street Ditutup Melemah Dipimpin Produsen Komoditas, Apple Inc Anjlok Lagi

adidananto

New member
Bursa saham Amerika ditutup melemah, indeks S & P 500 turun 0,3 persen menjadi 2,098.04 pada pukul 4 pm di New York, setelah sebelumnya sempat anjlok sampai 0,8 persen, ditutup di atas harga rata-rata selama 100 hari terakhir. Dow Jones Industrial Average kehilangan 91,66 poin, atau 0,5 persen, ke 17,598.20. Nasdaq Composite Index turun 0,3 persen. Sekitar 6,6 miliar saham diperdagangkan di bursa AS, 3 persen di atas rata-rata tiga bulan.

37532.jpg


Harga komoditas turun setelah PMI Tiongkok merosot ke lima bulan rendah dan Iran mengatakan akan dapat meningkatkan produksi minyak mentah dalam seminggu setelah sanksi berakhir.

Harga saham Apple jatuh untuk kesembilan kalinya dalam 10 hari, meluncur di bawah harga rata-rata 200 hari terakhir untuk pertama kalinya sejak 2013.

Sementara itu sebuah laporan yang menunjukkan data belanja rumah tangga di Amerika untuk bulan Juni, menguat yang menjadi bagian terbesar dari perekonomian. Demikian juga dengan indeks manufaktur yang dikeluarkan oleh The Institute for Supply Management merosot untuk bulan Juli dibandingkan bulan lalu, dimana indeks ini mencapai kinerja terbaiknya di tahun ini.

Indeks Volatilitas Chicago Board Options Exchange naik 3,6 persen ke level 12,56. Indeks, yang dikenal sebagai VIX, Jumat lalu membukukan penurunan bulanan terbesar sejak Februari, turun lebih dari 33 persen.

Consol Energy Inc anjlok 7,6 persen, terbesar sejak Oktober 2011, sedangkan Noble Energy Inc dan Chesapeake Energy Corp turun lebih dari 4,2 persen. Minyak mentah West Texas Intermediate mencapai harga terendahnya sejak Maret. Alpha Natural Resources Inc anjlok 24 persen ke rekor terendah setelah mengajukan pernyataan bangkrut, menjadi korban terbaru dari penurunan terburuk industri batubara dalam beberapa dekade terakhir ini.

Freeport-McMoRan Inc, Newmont Mining Corp dan Alcoa Inc. semua menurun untuk hari ketiga, kehilangan lebih dari 2,3 persen di tengah penurunan harga komoditas. Newmont berada di titik terendah sejak April 2001.

Saham pembuat tas Coach Inc dan Michael Kors Holdings Ltd membebani kelompok konsumen, anjlok lebih dari 2,4 persen setelah analis memperingatkan bahwa penjualan mungkin akan terus merosot. Hanesbrands Inc turun 6,4 persen lagi, setelah kehilangan 9,1 persen pada Jumat menyusul kinerja perusahaan yang mengecewakan. Penurunan terburuk salama dua hari di lebih dari enam tahun.

Sears Holdings Corp anjlok 10 persen ke level terendah sejak Januari 2012. Rantai toko pengecer yang dijalankan oleh manajer hedge fund Edward Lampert membukukan penurunan 10,6 persen pada penjualan toko.

Harga saham barang-barang konsumen naik, meskipun terdapat tarikan akibat penurunan terbesar yang terjadi di saham Tyson Foods yang turun sebanyak 10 persen. Clorox Co naik 2,7 persen ke rekor setelah laba kuartalan dan pendapatan berada di atas estimasi analis. Reynolds Amerika Inc dan Monster Beverage Corp naik setidaknya 1,4 persen.

Penguatan di sektor Utilitas dipimpin oleh NextEra Energy Inc.. Pembangkit tenaga surya NextEra Energy Partners LP sepakat untuk membeli tujuh pipa gas alam di Texas dengan nilai $ 2.1 miliar.

Saham-saham maskapai penerbangan menguat seiring turunnya harga bahan bakar. Delta Air Lines Inc, American Airlines Group Inc dan United Continental Holdings Inc masing-masing menambahkan setidaknya 3,1 persen
 
Back
Top