Minyak Semakin Murah, Harga Capai 6 Bulan Terendah

adidananto

New member
oil-dollar-700x357.jpg



Harga minyak mentah pada akhir perdagangan Selasa pagi melemah tajam dan mencapai posisi paling rendah dalam enam bulan belakangan (2/8). Harga minyak mentah pada perdagangan malam tadi mengalami penurunan yang mantap akibat buruknya data ekonomi Amerika Serikat dan Tiongkok. Sementara itu proyeksi turunnya konsumsi bensin di Amerika Serikat juga mengakibatkan kekhawatiran bahwa permintaan akan mengalami penurunan.

Bukti mengenai kondisi oversupply diperparah oleh anjloknya bursa saham Tiongkok. Kondisi ini mengakibatkan harga minyak mentah mengalami tekanan selama beberapa minggu belakangan. Pada bulan Juli lalu harga komoditas ini mengalami penurunan bulanan terburuk sejak meletusnya krisis subprime AS pada tahun 2008 lalu.

Harapan kenaikan pasokan minyak mentah datang dari Iran. Setelah Negara tersebut mencapai kesepakatan mengenai program nuklirnya dengan Negara-negara yang berunding dengannya Iran diharapkan akan menunjukkan kenaikan output pengeboran minyak mentah sebesar 500 ribu barel per hari. Segera setelah sanksi ekspor diangkat Negara tersebut akan segera mengenjot produksinya.


 
Back
Top