Turunnya Harga Minyak Mentah Buat Harga Karet Tocom Terpuruk

adidananto

New member
karet-latex-700x357.jpg



Pada perdagangan hari Selasa pagi harga karet berjangka di bursa komoditas Tokyo mengalami penurunan yang signifikan (4/8). Harga karet alami berjangka melanjutkan penurunan untuk tiga sesi berturut-turut dan makin menjauh dari level support psikologis pada posisi 200,00 yen per kilogram. Melemahnya harga karet alami ini disebabkan oleh kekhawatiran mengenai potensi penurunan permintaan dari Tiongkok. Anjloknya harga minyak mentah juga turut menjadi penyebabnya.

Bursa saham Tiongkok telah mengalami kejatuhan tajam selama satu bulan terakhir. Di bulan Juli lalu harga sempat mengalami penurunan terbesar dalam 8 tahun belakangan. Pada perdagangan kemarin indeks komposit Shanghai sempat terpukul hingga mencapai posisi paling rendah sejak bulan Maret. Kondisi ini dikhawatirkan akan menjadi preseden melambatnya pertumbuhan ekonomi di Negara tersebut.

Potensi penurunan permintaan diperparah dengan anjloknya harga minyak mentah. Dengan pelemahan harga minyak mentah biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Akibatnya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom menjadi berkurang.


 
Back
Top