Ini Alasan Kenapa Ayam Mentah Tidak Boleh Dicuci

Kebersihan makanan sangat penting dijaga karena ini menyangkut dengan kesehatan seseorang. Biasanya, bahan-bahan yang akan diolah dicuci terlebih dulu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada bahan makanan. Tetapi ternyata pencucian ini tidak berlaku untuk daging ayam mentah.

Dilansir dari hello-pet.com, ayam mentah yang dicuci malah menimbulkan bakteri yang bisa menyebabkan keracunan maupun penyakit. Bakteri dari ayam yang sudah tercuci akan menyebar di sekitar tempat pencucian, bahkan bisa mengontaminasi tubuh manusia.

Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari bakteri?

1135127shutterstock-94293847780x390-700x350.jpg


Simpan di Lemari Es

Saat disimpan di dalam kulkas, sebaiknya daging ayam mentah ditempatkan di wadah yang tertutup rapat untuk mencegah kontaminasi dengan bahan makanan lainnya yang bisa menimbulkan penyakit.

Hati-Hati saat Mencuci

Jika ayam terlihat sudah bersih, maka sebaiknya jangan dicuci. Namun jika sisa-sisa dan darah masih menempel, sebaiknya cuci dengan hati-hati karena percikan air cucian mengandung bakteri yang bisa mengontaminasi dan menybabkan timbul penyakit dan keracunan.

Pencucian Peralatan Masak

Sebelum dan sesudah memasak, sebaiknya peralatan dibersihkan saat digunakan untuk mengoleh ayam. Ini dilakukan untuk mencegah kontaminasi silang. Jika ini sampai terjadi, maka bakter berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tujuan pencucian adalah untuk menghilangkan bakteri pada peralatan yang digunakan untuk memasak.

Daging Ayam Harus Matang

Pengolahan ayam harus memerhatikan tingkat kematangan. Suhu optimal sangat baik bagi daging ayam karena bisa memutus bakteri yang tinggal di daging ayam. Suhu minimum untuk memasak semua unggas yang aman adalah 165 derajat Fahrenheit.

Inilah alasan mengapa sebaiknya kita tidak mencuci daging ayam mentah. Kita tidak ingin sampai keracunan, kan?

sumber : http://hello-pet.com/quiz?id=88054
 
Back
Top