Bagaimana Caranya Susu Bisa Sampai Punya Rasa Buah ?

mpokbibah

New member
Ini-Tahapan-Agar-Susu-Mempunyai-Rasa-Buah-Buahan-Buah-570x447.jpg

Kalau kamu penggemar minuman sehat ini yaitu susu, pernah terpikir ga sih gimana caranya si susu yang kamu minum itu bisa punya berbagai macam rasa dan enak-enak pula, terutama rasa buah yang bikin segar. Nah disini aku mau share info nih tahap-tahap si susu di olah dari mulai perah sampai jadi dan layak untuk di konsumsi, ini kutipannya ya :

Higienitas
Proses higienitas ini sendiri mencakup banyak hal, dari mulai menjaga kebersihan alat pompa susu, menjaga kebersihan kandang, hingga menjaga kebersihan wadah penampungan susu dan lainnya. semua itu dilakukan untuk membuat sapi merasa nyaman, tidak stres hingga akhirnya sapi bisa menghasilkan susu yang berlimpah

Pendinginan
Proses pendinginan ini sendiri sebenarnya diawali semenjak susu sudah masuk dalam penampungan susu pertama. Dalam proses pendinginan ini, susu akan dimasukkan dalam tangki pendingin susu yang dijaga dalam suhu sekitar 4 derajat selsius.

Setelah truk pengumpul susu datang ke pabrik, maka keseluruhan bagian tangki akan dibersihkan. Tidak hanya itu, tangki susu pun harus tetap steril dan tetap tertutup demi memastikan supaya susu masih dingin ketika akan melalui proses produksi.

Pemanasan
Ada beberapa cara untuk memperpanjang masa simpan susu, di mana salah satunya adalah dengan cara pemanasan. Tujuan utama dari proses ini sendiri adalah menurunkan jumlah total sel mikroba serta spora supaya susu dapat disimpan dalam jangka waktu lama tanpa pendinginan.

Proses sterilisasi terbaik hingga saat ini adalah dengan menggunakan sistem Ultra High Temperature (UHT), di mana susu akan di panaskan dalam suhu yang sangat tinggi, dalam waktu yang sangat singkat. Dengan proses ini, maka susu akan lebih steril dengan kandungan gizi yang hampir sama dengan kandungan susu cair segar.

Compounding
Compounding atau pencampuran basah merupakan proses pencampuran, di mana susu segar yang sudah di sterilisasi akan ditambahkan dengan minyak nabati dan ekstrak buah-buahan. Hingga proses ini, susu sudah bisa anda nikmati dengan rasa buah-buahan segar.

Setelah ini sebenarnya masih ada lagi loh prosesnya untuk pengemasan, dan penjualan sampai akhirnya bisa ke tangan kita lalu kita konsumsi. Semoga infonya bermanfaat dan bisa nambah pengetahuan kita ya.

Sumber
 
Back
Top