Domain Internet .edu Tidak Lagi Terbatas Untuk Perguruan Tinggi

irigster

New member
Tanggal: 13 Feb 2003
Sumber: Sigit Widodo

NamaDomain.com, Selama ini, .edu merupakan salah satu nama domain internet lama yang penggunaannya sangat terbatas. Domain .edu hanya bisa digunakan oleh perguruan tinggi yang minimal memberikan gelar bachelor atau setingkat sarjana di Indonesia.

Tapi batasan ketat penggunaan domain .edu ini akan segera dihapuskan. Reuters, Kamis (13/2/2003) memberitakan rencana Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) untuk melebarkan penggunaan domain .edu.

Tidak lama lagi, lembaga-lembaga pendidikan non-formal dan kursus-kursus juga dapat menggunakan nama domain .edu.

Departemen Perdagangan AS menegaskan, seluruh institusi pendidikan dapat menggunakan alamat ini. Jadi jangan kaget kalau nanti ada lembaga kursus yang menggunakan domain .edu, sama seperti universitas terkemuka seperti Harvard atau Yale di Amerika Serikat.

Awalnya, domain internet yang mulai digunakan pada 1985 ini hanya boleh digunakan oleh perguruan-perguruan tinggi di Amerika Serikat. Namun pada perkembangan-perkembangan selanjutnya, domain .edu juga digunakan oleh perguruan-perguruan tinggi di luar Amerika, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, domain .edu cenderung digunakan sebagai domain kedua setelah domain .ac.id, domain resmi perguruan tinggi di Indonesia. Universitas Trisakti, misalnya, selain memiliki domain trisakti.ac.id, juga memiliki domain usakti.edu. Domain ganda semacam itu juga dimiliki oleh beberapa perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Rencananya, perluasan penggunaan domain .edu akan dimulai pada medio April tahun ini. Jadi kalau Anda mengelola sebuah lembaga pendidikan, domain ini bisa jadi alternatif yang menarik.
 
bagaimana cara registrasinya

wah,... masa iya sih.. emang gimana cara registrasinya? tolong jelasin dong... please
 
Back
Top