Harga Emas

Berakhir Pekan di Zona Merah, Harga Emas LLG Tergerus Kenaikan Dollar AS

gold-700x357.jpg


Pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu harga emas spot LLG mengalami pelemahan terbatas (19/10). Harga emas tergerus melemah seiring dengan membaiknya nilai tukar dollar AS. Harga emas yang sempat menyentuh posisi paling tinggi dalam 3,5 bulan belakangan pada akhirnya harus ditutup di teritori negatif. Meskipun mengalami penurunan harian harga emas tetap berhasil membukukan kenaikan mingguan.

Harga emas spot maupun berjangka mengalami peningkatan sekitar 2 persen selama satu pekan belakangan. Harga emas mengalami peningkatan berjenjang sejak awal pekan lalu dan terkulminasi paa perdagangan Kamis yang mencapai posisi paling tinggi sejak akhir Juni lalu.

Pada perdagangan Jumat malam lalu dollar AS mengalami kenaikan untuk sesi keduanya. Indeks dollar rebound setelah sempat mencapai posisi paling rendah dalam tujuh minggu. Kenaikan nilai tukar dollar AS tersebut membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relative lebih mahal bagi pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan turun.


 
Ditutup Anjlok, Harga Emas Masuki Sesi Penurunan Keempat

Gold-700x357.jpg



Harga emas spot LLG dan berjangka Comex ditutup melemah lagi pada akhir perdagangan Selasa dini hari tadi (20/10). Harga logam mulia terpukul mundur untuk tiga sesi berturut-turut. Pagi ini harga emas LLG masih melanjutkan penurunan untuk sesi keempat.

Melempemnya harga emas tidak lepas dari dampak peningkatan nilai tukar dollar AS. Pekan lalu harga emas sempat mencapai posisi paling tinggi dalam 3,5 bulan. Akan tetapi mulai rally-nya dollar AS membuat para pelaku pasar menggeser minatnya dari investasi dalam emas menjadi investasi dalam dollar.

Retreat yang dialami oleh harga emas juga disebabkan oleh indikator teknikal. Setelah gagal bertahan di atas level resistance psikologis 1.200 dollar per troy ons harga emas seperti kehilangan pijakan sehingga aksi ambil untung yang bertubi-tubi membuat harga komoditas ini terpukul ke dalam trend bearish.


 
Harga Emas Jumat Pagi Mulai Menguat Setelah Capai 1 Minggu Terendah

Gold-pixa-700x357.jpg


Harga emas spot LLG dan berjangka Comex ditutup melemah lagi pada akhir perdagangan Jumat dini hari tadi (23/10). Harga logam mulia terpukul mundur hingga membawa harga komoditas ini anjlok ke posisi paling rendah dalam lebih dari satu minggu belakangan. Tekanan kenaikan dollar dan ketidakpastian kenaikan suku bunga acuan oleh Fed membuat harga emas tertohok.


Melempemnya harga emas tidak lepas dari dampak peningkatan nilai tukar dollar AS. Mata uang Amerika Serikat ini melejit setelah ECB memberikan arahan yang dovish sehingga mengirimkan euro melemah. Data klaim pengangguran yang lebih kecil dari perkiraan juga mengembalikan spekulasi bahwa Fed akan menaikkan suku bunga acuannya tahun ini.

Aksi short covering yang dilakukan oleh para pelaku pasar membantu harga emas bergerak dengan lebih stabil. Meskipun pasar masih berhati-hati di tengah ketidakpastian kebijakan moneter di AS. Ekspektasi kenaikan suku bunga acuan telah tergoncang akibat buruknya data ekonomi AS dan kekhawatiran mengenai kondisi ekonomi global.


 
Back
Top