SIAPA CALON JUARA MOTOGP 2015 (PREDIKSI DAN ANALISA)

herizalmamin

New member
Seri MotoGP 2015 saat ini sudah memasuki pertengahan musim dan menyisakan 8 seri lagi. Setelah Seri Indianapolis, Valentino Rossi saat ini masih memimpin klasemen sementara dengan perolehan 195 poin diikuti rekan satu timnya, Jorge Lorenzo 186 poin, kemudian Baby Aliens, Marc Marquez dengan 139 point menggusur posisi Andrea Dovizioso. Persaingan ketat terjadi pada duo Yamaha dengan selisih 9 point bukan tidak mungkin Jorge Lorenzo akan menyusul Rossi pada seri berikutnya di Automotodrom Brno Ceko. Kebangkitan dari Marc Marquez usai menemukan setting terbaik pada motornya tahun ini dengan kembali kepada sasis 2014 juga tidak dapat disepelekan begitu saja, lihat saja Marc, menguasai dua balapan terakhirnya dengan meraih podium pertama. Walaupun Marc Marquez pada sesi latihan di Indianapolis mengatakan sulit untu mengejar ketertinggalan poin dari Valentino Rossi, bukan tidak mungkin Marc akan menggila di seri-seri berikutnya.
PREDIKSI JUARA MOTOGP 2015

Valentino Rossi (46) dan Dani Pedrossa

Peluang Marc Marquez masih terbuka untuk mempertahankan juara dunia, dengan meraih podium pertama sebanyak-banyaknya pada seri yang tersisa tapi dengan catatan Vale dan Jorge kehilangan konsistensi naik podium. Jika Marc meraih seluruh total poin pada seri tersisa maka Marc akan mengumpulkan 339 poin. Poin ini belum cukup untuk menjadikan marc juara jika Duo Yamaha (Rossi dan Jorge) Konsisten naik podium pada setiap Seri tersisa. Tampaknya Marc harus mendorong rekan setimnya Dani Pedrossa untuk melakukan tekanan pada setiap seri dalam menghadapi Duo Yamaha agar memberikan peluang juara pada Marc. Pada motoGP 2014, Marc Marquez tampil mengesankan dengan memenangi 13 Seri secara keseluruhan. Dari 13 Seri, 10 Seri dimenangi Marc di awal musim, dengan perolehan 225 point Marc Marquez pada pertengahan musim, Marc Marquez mulai menurun pada seri-seri berikutnya dengan hanya 2 kali juara dan tambahan 137 poin sedangkan Jorge Lorenzo dengan 166 poin dan Vale dengan 154 poin.

Melihat statistik perolehan pertengahan musim pada seri terakhir motoGP 2014, peluang juara Valentino Rossi pada motoGP 2015 sangat terbuka lebar, dengan syarat tidak memaksakan diri menjuarai balapan dan konsisten pada peraihan podium 2 atau 3, tampaknya Marc Marquez bukan saingan terdekat yang harus diwaspadai oleh Rossi adalah Jorge Lorenzo lah pesaing potensial yang akan menghadang Valentino Rossi dalam meraih La Decima tahun ini.
PREDIKSI JUARA MOTOGP 2015

Valentino Rossi Vs Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo sendiri pastinya akan tampil mati-matian untuk sisa paruh musim seri motoGP 2015 ini. Sempat membuat gebrakan dengan memenangi 4 seri berturut-turut di Jerez, Le Mans, Mugello dan Catalunya sehingga mengancam posisi Vale di posisi puncak klasemen kemudian tenggelam dengan kebangkitan Marc Marquez di dua seri berikutnya. Melihat perolehan poin pada sisa paruh musim 2014, Jorge Lorenzo tampil cukup apik dengan tambahan 166 poin. Jorge Lorenzo tampaknya memang tipikal pembalap perfeksionis, tekun dan penuh dengan perhitungan dan mampu dengan cepat memperbaiki kesalahannya, inilah yang menjadi modal sekaligus ganjalan bagi Valentino dan Marc.

Bagaimana dengan Dani Pedrossa?. Melihat performa dan kondisi fisik Dani, yang paling realistis dan maksimal adalah meraih posisi 3 itupun dengan catatan salah satu dari 3 pembalap (Jorge, Marc, Vale) melakukan kesalahan pada seri-seri berikutnya. Tapi seperti akan sulit melihat persaingan yang ketat.

Sedangkan Duo Andrea dari Tim Ducati, sempat memberikan performa yang diprediksikan akan meramaikan persaingan di MotoGP 2015 dengan tampil mengesankan di test pra musim (Baca Reaksi Yamaha dan Honda Atas Dominasi Ducati) tampaknya sekarang makin tenggelam dengan Yamaha dan Honda. Setidaknya ini menjadi Pekerjaan Rumah untuk Ducati mengingat kemampuan rider mereka tidaklah jelek-jelek amat. Hanya saja tim Yamaha dan Honda lebih mampu bangkit dari kesalahan-kesalahan teknis, lihat saja honda dengan kembali menggunakan sasis 2014 yang diyakini mendongkrak performanya pada sisa musim ini.

SUMBER : BERITA OTOMOTIF
 
Sudah ada itu, bisa dilihat di websitenya. Untuk tahun ini kita belum tahu, apakah masih juara tahun lalu atau tidak.
 
Back
Top