5 Alasan Mengapa Fresh Graduate sulit mendapatkan pekerjaan

Menurut data statistik, ada sekitar 400ribu sarjana S1 di Indonesia yang menganggur saat ini. Ini bukanlah jumlah yang sedikit. Setiap hari para lulusan S1 harus berjibaku mengirim lamaran kerja, berdesakan di setiap acara Job Fair demi sekedar mengambil formulir pendaftaran atau mengikuti Walk in Interview, tentunya dengan peluh di sekujur tubuh dan wajah kusut dan rasa frustasi.

Berdasarkan fakta yang dipelajari para ahli, sebenarnya apa 5 faktor yang menjadi penyebab lulusan S1 sulit mendapatkan pekerjaan, yaitu:

1. Goal Setting
Ketika kita hendak bepergian menggunakan sebuah taxi, sopir taxi pun pasti menanyakan ke mana tempat yang hendak dituju. Seperti itulah analogi goal setting, sebagai penunjuk arah tujuan.

Goal setting sebenarnya merupakan hal yang paling menentukan setiap pencapaian serta jenjang karir seseorang. Goal setting bisa dimulai bahkan saat akan menentukan jurusan perkuliahan yang diambil. Sayangnya banyak yang masih menyepelekan hal ini. Bahkan banyak lulusan S1 yang asal menentukan pemilihan jurusan dan perminatan saat kuliah, salah satunya adalah mental/pemikiran “YANG PENTING LULUS”. Anda tentu bukan salah satu dari mereka kan?

2. Skill Yang Terlalu General
“Memiliki banyak keahlian merupakan hal yang bagus”

Tidak ada yang salah dengan pandangan tersebut. Masalahnya apakah Anda bisa menjadi expert pada seluruh bidang pekerjaan yang ada?

Pelajaran yang diberikan di jenjang Universitas kebanyakan lebih bersifat general atau luas. Hal ini bertujuan untuk memperkuat basic yang dimiliki para lulusan. Di luar itu, kita harus pro-aktif mengembangkan diri serta mempertajam skill pada bidang tertentu bahkan hingga ke level expertise.

Skill inilah yang membuat Anda "berbeda" dari kebanyakan fresh graduate, sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan berkualitas dengan jenjang karier yang jelas di mana kesempatan Anda untuk sukses jelas lebih besar. Setiap perusahaan besar membutuhkan seseorang yang qualified demi mengisi posisi dan tanggung jawab penting. Posisi seperti itu biasanya membutuhkan keahlian yang lebih spesifik.

3. No 'WOW' Factor
Jika pada poin kedua lebih membahas skill spesifik yang harus Anda miliki, maka poin ketiga ini akan lebih menekankan pada hasil nyata, yaitu kebanyakan sarjana menganggur karena memang sama sekali tidak punya "SOMETHING WOW".

Hal apa yang membuat perusahaan harus memilih Anda jika dibandingkan ratusan ribu lulusan lain?

Memiliki sertifikasi yang diakui secara internasional atau prestasi dalam beberapa perlombaan tingkat nasional maupun internasional menjadi salah satu hal yang dapat membuat perusahaan yakin untuk memilih Anda.

4. Experience
Saat ini, banyak Universitas mulai mewajibkan mahasiswanya untuk internship di suatu perusahaan dan menerapkan ilmu yang selama ini dipelajati di kampus. Bekerja magang merupakan kesempatan terbaik untuk menunjukkan kemampuan serta kapabilitas yang Anda miliki. Selain mendapatkan pengalaman kerja yang nyata, performance Anda tentu bisa menarik perhatian pemilik perusahaan untuk merekrut Anda sebagai pekerja tetap saat lulus nanti.

5. Relasi
Kemampuan unggulan yang dimiliki seseorang terkadang belum cukup. Hampir semua lowongan selalu bisa ditemukan melalui jaringan. Jadi, semakin luas link pergaulan yang Anda miliki, tentu kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda akan lebih besar.

Nah, jika kamu bingung bagaimana cara meningkatkan kemampuan / keahlian untuk
mendapatkan pekerjaan, kami Course-net siap menyediakan tempat untuk mengasah
kemampuan anda dalam bidang networking. berikut penawaran spesial kami :

banner2.jpg



INDEPENDENCE DAY PROMO
Course-Net Indonesia Cisco
CCNA Routing Switching Class

Program : 15 Sessions
Facilities :
Professional Coach
FREE to use Cisco Device
FREE Network Consultation (Lifetime)
FREE Coffee Break
FREE Souvenirs : Backpack, GOOGLE T-shirt, Course-Net Mug
Bootcamp for CISCO NetRiders
Distribution to our corporate channel​

Give Us A Phone Call

Alvin 081212311239
Eric 082123535212

Register HERE Now!
LIMITED SEATS ONLY, BOOK YOURS.

“That’s not how good you are, but how good you want to be”
 
memang seperti itulah "kegiatan" para lulusan baru, dulu ane juga gitu..kesana kemari interview tapi sulit banget lolosnya. Yang terpenting sih menurut ane pengalaman kerja, so mendingan gak usah terlalu memilih tempat kerja, yang bagus lah, yang gaji besar lah, semua itu ada prosesnya yang terpenting adalah kerja dulu..
banyak kok lowongan kerja di perusahaan startup asing yang siap menampung karyawan yang mau berusaha dan belajar :)
 
memang seperti itulah "kegiatan" para lulusan baru, dulu ane juga gitu..kesana kemari interview tapi sulit banget lolosnya. Yang terpenting sih menurut ane pengalaman kerja, so mendingan gak usah terlalu memilih tempat kerja, yang bagus lah, yang gaji besar lah, semua itu ada prosesnya yang terpenting adalah kerja dulu..
banyak kok lowongan kerja di perusahaan startup asing yang siap menampung karyawan yang mau berusaha dan belajar :)

Apa ada hubungannya ama pendidikan juga ya?
 
Back
Top