Harga Batubara

adidananto

New member
coal-700x357.jpg



Pada akhir perdagangan dini hari tadi harga batubara Rotterdam masih melanjutkan pergerakannya yang melemah (24/8). Harga batubara terpuruk terus akibat anjloknya harga minyak mentah global. Kekhawatiran memburuknya ekonomi Tiongkok juga menjadi faktor yang mengakibatkan terjun bebasnya harga komoditas ini.

Bursa saham global terus anjlok mengiringi hancurnya bursa saham Tiongkok. Pada perdagangan kemarin bursa Tiongkok tersebut terpuruk turun nyaris 9 persen akibat aksi jual yang melanda pasar saham di tengah isyu bahwa ekonomi sudah mencapai kondisi yang tidak mampu lagi melanjutkan pertumbuhannya.

Pelemahan batubara berjangka disebabkan oleh masih lesunya harga minyak mentah. Di akhir perdagangan Kamis dini hari tadi harga minyak mentah kembali anjlok ke level terendah dalam dari 6,5 tahun belakangan. Anjloknya harga minyak mentah membuat harga batubara berjangka juga turun ke kisaran terendahnya dalam 6,5 tahun. Terpukulnya harga minyak mentah menyebabkan permintaan terhadap komoditas energi alternatif seperti batubara mengalami penurunan.


 
Re: Ekonomi Global Menekan, Harga Batubara Makin Terpojok

Minyak mentah makin lemah, imbasnya ke rupiah makin lemah, dan aduh keadaan menjadi makin sulit. Kapan harus bisa kembali ke keadaan normal lagi?
 
Harga Batubara Rebound Ikuti Kenaikan Minyak Mentah

coal4-700x357.jpg


Pada akhir perdagangan dini hari tadi harga batubara Rotterdam berhasil berbalik arah dan ditutup dengan membukukan peningkatan yang cukup signifikan (26/8). Harga batubara bangkit setelah pada perdagangan sebelumnya melempem hingga ke level terendah dalam lebih dari 12 tahun terakhir.

Pelemahan batubara berjangka yang sempat terjadi disebabkan oleh masih lesunya harga minyak mentah. Harga minyak mentah kembali anjlok ke level terendah dalam dari 6,5 tahun belakangan, mencapai ke bawah level 40 dollar per barel. Terpukulnya harga minyak mentah menyebabkan permintaan terhadap komoditas energi alternatif seperti batubara mengalami penurunan.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Oktober berada di posisi 53,75 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,30 dollar atau setara dengan 0,56 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Harga masih berada di kisaran terendah dalam 12 tahun.


 
Back
Top