Teknik Bermain Baseball/Softball/Kasti Yang Benar

olelebo820

New member
Olahraga Baseball/Softball/Kasti adalah jenis permainan yang menggunakan bola dengan memiliki 2 orang tim, selain itu juga permainan bola kasti ini menjadi bentuk permainan tradisional yang mengutamakan kekompakan para tim yang ada didalamnya dan juga ketangkasan dan ketajaman mata. Selain itu juga, permainan kasti ini bisa dilakukan dilapangan yang terbuka, dengan cara ini maka permainan pun menjadi jauh lebih seru.

Pada anak – anak yang masih berada di bangku sekolah dasar, permainan seperti kasti ini dapat berfungsi untuk melatih rasa disiplin dan juga bisa memupuk rasa kebersamaan serta solidaritas antar teman. Nah, agar olahraga kasti ini bisa dikuasai dengan baik maka perhatikan beberapa teknik dasar yang ada berikut.


Bagaimana Sih Teknik Dalam Permainan Baseball/Softball/Kasti Itu?
1. Teknik Saat Melempar Bola Kasti

a. Melempar bola secara mendatar
Untuk melakukan olahraga kasti ini, khususnya melempar bola mendatar maka ada trik dan caranya tersendiri yaitu :
• Bola kasti di pegang di pangkal ruas jari tangan anda, tepatnya diantara jari telunjuk, tengah dan juga jari manis. Sedangkan untuk jari kelingking dan juga ibu jari digunakan untuk mengatur bola agar tidak terlalu jauh.
• Setelah itu, badan agak condong kearah belakang, lalu ayunan lengan mulai dari bawah keatas
• Terakhir, bola dilemparkan dengan mendatar setinggi dada saja kearah sasaran.


2. Teknik untuk menangkap bola kasti
Untuk teknik saat menangkap bola kasti, maka perhatikan langkah yang ada dibawah ini :
• Pusatkan pandangan anda yang hanya tertuju pada arah datangnya bola kasti, jangan memperhatikan orang lain tetapi hanya bola nya saja, dimana si bola in iakan jatuh.
• Tangkap lah bola kasti dengan menggunakan 2 tangan, caranya dengan telapak tangan dibuka untuk membentuk setengah bola.
• Pada waktu perkenaan bola pertama dengan telapak tangan anda, ikuti dengan sedikit tarikan tangan yang mengarah ke bagian belakang.


3. Untuk teknik dasar saat melambungkan bola
Teknik dasar saaat bermain olahraga kasti yang terakhir adalah saat melambungkan bola, ada beberapa hal yang harus anda ketahui, contohnya seperti :
• Berdirilah dengan tegak, saat melempar bola dengan tangan kanan maka usahakan agar kaki akanan anda berada di depan.
• Bola kasti ini dipegang dengan memakai tangan kanan di bagian depan paha kanan anda.
• Silahkan condongkan badan anda kearah depan
• Setelah itu, putarlah lengan kanan anda yang memegang bola ke belakang atau 360 derajat
• Langkah kan kaki kiri anda ke depan, lalu ayunkan lengan kebagian depan dan lepaskan bola saat berada disamping paha kanan anda disertao dengan lecutan pergelangan tangan.
Dengan membaca artikel olahraga kasti ini maka anda pun bisa lebih memahami bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan saat bermain bola Baseball/Softball/Kasti .
 
Back
Top