Tata Cara Penulisan Makalah atau Kliping yang Baik dan Benar

cryzzahwa

New member
Pada kesempatan kali ini, Penulis ingin membagikan beberapa tips dan trik dalam Tata Cara Penulisan Makalah yang Baik dan Benar. Silahkan disimak beberapa point penting yang harus diperhatikan dan tidak boleh terlewatkan berikut ini :
Berbagi%2BIlmu%2BBerbagi%2BPengetahuan.png

1. Halaman Judul Makalah
Judul makalah ditulis dengan huruf kapital tetapi tidak begitu besar, dengan ukuran yang semestinya.

2. Kata Pengantar
Kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah terkait dengan pembuatan makalah.

3. Daftar Isi
Daftar isi berisi halaman-halaman yang ada dalam makalah sehingga pembaca akan mudah mencari isi dari makalah yang telah kita buat.

4. Daftar Gambar dan Tabel
Daftar gambar dan tabel merupakan halaman yang hampir sama dengan daftar isi hanya bedanya berisi daftar tabel dan gambar yang ada pada makalah.

5. Tubuh Makalah (Pokok Bahasan Makalah)
Tubuh makalah ini adalah isi dari makalah. Nah dalam tubuh ini ada beberapa bab yang menjadi inti dari makalah, diantaranya adalah :
a. Pendahuluan
Dalam Bab Pendahuluan ini memuat latar belakang masalah yang akan diangkat, ruang lingkup, maksud dan tujuan penulisan makalah.

b. Pembahasan
Dalam pembahasan ini memuat tentang kajian materi yang akan dibahas dalam makalah, dalam hal ini adalah Makalah Kenakalan Remaja Tentang Narkoba.

c. Penutup
Nah kita sampai pada penutup yang berisi tentang kesimpulan dari keseluruhan makalah Kenakalan Remaja serta kritik dan saran dari penulis mungkin masih ada kekurangan dalam penulisan makalah ini.

d. Daftar Pustaka
Daftar Pustaka ini berisi daftar buku atau sumber yang digunakan dalam pembuatan makalah kenakalan remaja ini. misalnya : Santrock. J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja.(edisi keenam) Jakarta: Erlangga. Contoh yang lain bisa baca di Referensi Karya Ilmiah

e. Lampiran
Apabila ada data-data yang menjadi pendukung dalam makalah bisa disertakan pada halaman ini yaitu lampiran.

Demikian beberapa tips yang bisa Penulis sampaikan, semoga bermanfaat dengan indahnya berbagi.

Sumber : Tata Cara Penulisan Makalah yang Baik dan benar
 
Back
Top