Tahukah Agan Akan Resiko Menggunakan Software Bajakan Untuk Bisnis Agan?

8thinktank

New member
Siapa coba yang ga kepengen dapet untung dan tingkat produktifitas yang tinggi dengan harga serta biaya yang seminim minimnya? Saya yakin semua agan disini juga pastinya pengen punya usaha seperti itu.

Tapi karena pola pikir seperti itu, akhirnya ketika Agan memutuskan untuk menggunakan software manajemen atau software pendukung lainnya yang bertujuan untuk memajukan usaha Agan, Agan cenderung mencari sebuah software yang gratis dan kemudian menggunakannya. Namun pada akhirnya pun Agan kecewa dengan software tersebut karena memiliki banyak kendala seperti diantaranya :

  • Tidak dapat memenuhi kebutuhan usaha Agan
  • Sering terdapat bug
  • Sering terjadi error, dan lain sebagainya

Agan pun akhirnya menyerah dan mencoba mencari software lain, namun kali ini pastinya yang berbayar. Tapi setelah melihat harganya yang mahal Agan pun akhirnya ragu sehingga Agan memutuskan untuk mencari solusi lain dan menemukan sebuah software bajakan yang harganya jauh lebih murah dari harga software aslinya. Tanpa pikir panjang Agan pun membeli software tersebut.

Tapi tahukah Agan bahwa dengan menggunakan software bajakan ada banyak hal yang Agan korbankan? Tahukah Agan akan resiko yang akan Agan hadapi dengan menggunakan software bajakan?

Yups.. Jangan salah gan, ada resikonya loh kalo make software bajakan.. Mau tau apa aja? Cekibrot

Penggunaan Software Bajakan Akan Mempengaruhi Proses Produksi

Hal ini bisa saja terjadi jika Agan menggunakan software bajakan. Kenapa? Karena jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, Agan ga akan bisa menuntut orang dari penjual software tersebut bahkan jika sudah merugikan bisnis Agan sekalipun. Dengan resiko ini, akhirnya proses penyelesaian produksi pun akan membutuhkan waktu yang sangat lama karena tingkat efisiensi yang lebih rendah

Sisi Keamanan Software Bajakan Sangatlah Rendah

Bayangkan jika Agan menggunakan software bajakan dan kemudian Agan menyimpan dan mengolah data - data penting perusahaan Agan. Terlebih Agan melakukan hal tersebut ketika terhubung dengan internet. Jangan heran jika jika rahasia perusahaan Agan akan bocor ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Resiko kerugian yang akan Agan hadapi adalah pencurian hak kekayaan perusahaan oleh para hacker yang dapat meretas komputer Agan karena menggunakan software bajakan yang memiliki tingkat sistem keamanan sangat rendah.

Kemungkinan Menghadapi Tuntutan Hukum

Memang sangat kecil kemungkinannya, namun bukan berarti tidak mungkin. Perlu Agan ketahui bahwa di beberapa negara maju, undang - undang yang mengatur penggunaan software bajakan sangatlah ketat.

Walau mungkin regulasi hukum yang mengatur penggunaan software bajakan di tanah air tidak seketat di negara lain, akan tetapi tentunya Agan menyadari bahwa hal tersebut sangatlah tidak baik.

Penting untuk Agan mengerti dan memahami tentang arti dari apresiasi atas jerih payah orang lain. Tentunya Agan ga pengen kan produk atau layanan yang telah Agan buat dengan susah payah ditiru dengan begitu saja?

Jadi? Apakah Anda masih ingin menggunakan software bajakan setelah mengetahui resiko – resiko diatas?

 
Back
Top