Hewan-Hewan Ini Bukan Sapi, Tapi Hasil Perahan Susunya Bisa Kita Konsumsi

Status
Not open for further replies.

mpokbibah

New member
Setiap harinya jika kita konsumsi susu, pasti mayoritas pilihan susunya adalah susu sapi ya. Tapi ternyata ada beberapa hewan lain yang bisa kita konsumsi hasil perahan susunya selain dari sapi ya. Ini dia kutipan contohnya ya :

Domba/Kambing
Selain diambil bulu dan dagingnya, ternyata domba atau kambing pun kerap diambil susunya dan bisa dikonsumsi oleh manusia. Lebih jauh lagi, susu domba sekarang banyak di jual belikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Domba sendiri mampu menghasilkan susu sebanyak 12 Kali dari berat badannya.

Kuda
Di beberapa daerah di Indonesia, kuda tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi dan bahan pacuan saja, tetapi kuda pun kerap diambil dagingnya untuk di konsumsi. Selain itu, kuda pun biasa diambil susunya untuk di konsumsi oleh manusia. Bahkan berdasarkan beberapa penelitian, susu kuda berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Ternyata-Hewan-Hewan-Ini-Juga-Dapat-Menghasilkan-Susu-yang-Dapat-Kita-Konsumsi-Yak-570x447.jpg


Kerbau
Kerbau merupakan salah satu hewan besar yang hingga kini masih di budi dayakan untuk berbagai keperluan. Susu kerbau sendiri dipercaya kaya akan asam lema dan protein. Bahkan karena kadar proteinnya yang sangat tinggi, membuat susu kerbau ini lebih mudah diolah menjadi produk olahsan susu, contohnya saja keju dan lainnya.

Unta
Walaupun di Indonesia sangat jarang di budi dayakan, akan tetapi di negara-negara timur tengah, unta tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi dan diambil dagingnya saja. Lebih jauh lagi, penduduk di sana pun sudah terbiasa mengonsumsi susu untuk sebagai salah satu gaya hidup harian mereka.

Yak
Beda negara, beda juga konsumsi susunya. Di Tibet dan beberapa wilayah China sana, penduduk sekitar sudah terbiasa mengonsumsi susu Yak sebagai konsumsi harian mereka. Yak sendiri merupakan sejenis sapi yang berbulu lebat. Beberapa orang percaya jika susu Yak memiliki khasiat untuk keperkasaan pria. Tidak heran jika di China, Susu Yak banyak di jual di toko-toko khusus dewasa.

Itu beberapa contoh hewan lain yang bisa memproduksi susu dan bisa di olah ya hasil perahan susunya, cukup banyak kuantitasnya dan memang layak kok untuk di konsumsi. Tau lagi selain hewan-hewan diatas yang bisa kita konsumsi hasil perah susunya ?

Sumber
 
keledai juga bisa d konsumsi susunya tapi ga ada d indonesia ya. Di kebun binatang jg ga pernah liat
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top