Cara Kerja Kunyit untuk Cegah Segala Penyakit

Kalina

Moderator
Okezone

KUNYIT yang digunakan untuk memperkaya aroma dan memberi warna kuning pada makanan terbilang murah dan mudah didapat. Namun, rempah-rempah ini tidak boleh disepelekan, karena di balik kesederhanaannya, kunyit menyimpan kekayaan untuk kesehatan tubuh kita.

Dari warna daging kunyit yang menggoda, menurut penelitian oleh Journal of American College of Nutrition, terdapat kandungan yang bersifat antiinflamasi, antioksidan, antitumor, antibakteri, dan antivirus. Jadi bisakah Anda membayangkan jika kunyit bisa mencegah diabetes hingga kanker?
 
Berikut adalah manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh, sebagaimana dilansir dari Prevention, Minggu (13/9/2015).

Penyakit Alzheimer

Penyakit neurodegeneratif dapat disembuhkan atau mungkin dicegah dengan bantuan kunyit. Penelitian menunjukkan bahwa kunyit membersihkan plak beta-amyloid yang dihubungkan dengan penyakit Alzheimer.

Osteo arthritis (OA)

Orang yang menderita osteoarthritis lutut dengan gejala entah itu nyeri, kaku atau keterbatasan fungsional lainnya bisa diobati dengan kunyit. Menurut penelitian Inflammopharmacology, bahkan kunyit mengobati lebih baik ketimbang glukosamin atau suplemen-suplemen umum untuk nyeri sendi.

Kanker

Daging merah yang dimasak pada suhu tinggi akan menghasilkan amina heterosiklik (HCA), karsinogen yang juga ditemukan dalam asap rokok. Namun, peneliti dari Pusat Penelitian Kanker Hawaii menemukan daging yang direndam dalam larutan kunyit bisa mengurangi karsinogen hingga 50 persen ketika dimasak.

Diabetes

Menghindari gula bukan satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari diabetes. Dalam sebuah studi dari Diabetes Care, mengonsumsi kunyit sehari selama sembilan bulan membantu melindungi Anda yang telah didiagnosis prediabetes agar tidak menjadi diabetes tipe 2.
 
wanita jawa yang baru saja melahirkan biasanya mereka rutin meminum sari kunyit hingga beberapa bulan pasca melahirkan
 
Back
Top