Jangan menderek mobil asal-asalan bila mobil mogok

acamitraca

New member
Mobil-derek-ACA.jpg

Jangan menderek mobil asal-asalan bila mobil mogok di jalan raya. Apalagi bila tidak mengerti permasalahan yang terjadi pada kendaraan sehingga mogok dengan tiba-tiba. Apalagi bila mobilnya mobil matik, lebih beresiko dibandingkan mobil manual.

Menderek mobil asal-asalan bisa membuat mobil malah jadi tambah rusak. Untuk mobil matik sebaiknya jangan menggunakan tali penghubung karena dapat merusak transmisi pada mobil. Gunakan mobil Derek yang memiliki hidrolik untuk mengangkat bagian depan atau belakang roda. Mengangkat rodapun ada tehnik tersendiri. Bila penggerak roda depan maka bagian depan mobil yang diangkat, sedangkan penggerak roda belakang angkat bagian belakang.

Saat mobil diderek jangan pindahkan perseneling ke posisi N, karena dapat menyebabkan clutch pada transmisi rusak. Harga ganti dari clutch yang rusak bisa mencapai Rp. 8-10 juta tergantung jenis mobil. Selain itu, saat mobil diderek pastikan kunci kontak harus ON dan pengandara tetap harus berada dibalik kemudi, supaya bisa mengendalikan mobil bila mengalami rem mendadak atau mobil yang diderek tidak stabil.

Untuk mobil four wheel drive atau penggerak empat roda harus menggunakan mobil Derek gendong atau towing tidak boleh menggungakan Derek yang mengangkat dapat merusak transmisi.

sumber : www.mitracaonline.com
 
Back
Top