Apa perbedaan WinZip dan WinRar?

azizi

New member
Dulu sering nanya-nanya, udah ada WinZip kenapa ada WinRar lagi ya? bisa gak WinZip buka file .rar?
 
Aku gak pake keduanya, lebih suka pake IzArc, karena bisa Zip, rar, serta arsip lainnya seperti tar.gz
 
kendati ada macam2 alat extract ak hanya terbiasa menggunakan ZIP. Yang lainnya ga begitu paham akan kemampuannya. Ak menggunakan ZIP hanya untuk membungkus folder dan file yang hendak di upload ke email atau hosting
 
Dulu sering nanya-nanya, udah ada WinZip kenapa ada WinRar lagi ya? bisa gak WinZip buka file .rar?

WinZIP dan WinRAR adalah aplikai untuk meng-archive. Analoginya yaitu seperti memasukkan kertas-kertas dokumen kedalam satu atau beberapa tas; atau memasukkan beberapa kardus makanan/minuman kedalam satu kotak. Jadi hemat tempat dan mudah dibawa kan?

WinZIP (.zip) tidak bisa membuka file .rar, tapi WinRAR bisa buka file .zip. WinZIP hanya bisa membuat file .zip, tapi WinRAR bisa membuat file .zip dan .rar.

Windows XP dan setelahnya memiliki kemampuan untuk membuat file .zip.

Rekomendasi saya, gunakan 7-Zip, itu aplikasinya open source. Dia bisa membuat file .zip dan .7z. Khusus untuk .7z, format ini memiliki kompresi yang lebih tinggi dibandingkan .zip maupun .rar. Tapi kelemahannya, 7-Zip tidak bisa membuat .rar, hanya bisa membukanya saja. Itu karena .rar merupakan produk komersil.

Kalau saya menggunakan 7-Zip dan WinRAR untuk berurusan dengan file-file archive, karena biasanya orang-orang menggunakan format .7z, .zip, dan .rar yang bisa ditangani oleh kedua aplikasi tersebut. Tambahan dengan Virtual Clone Drive untuk berurusan dengan file-file .iso dan sejenisnya.

Oh ya, kalau buat file archive, lebih baik gunakan format .zip, biar bisa dibuka di semua perangkat, termasuk ponsel android.
 
Last edited:
Winrar merupakan sebuah aplikasi pengarsipan file shareware dimana aplikasi ini dapat membuat compresi rar native, karena metode pengkodeannya sendiri dianggap prioritary.WinRAR mendukung format file berikut: rar, zip, taksi, ARJ, LZH, ace, 7-zip, tar, gzip, uue, bz2, jar, iso, z dan akan mengkompresi file dalam bentuk rar, zip dan untuk mengatur file.

Winzip merupakan perngarsipan file propioriti dan compresor file untuk microsoft windows. ini aslinya menggunakan format Pkzip tetapi juga memiliki tingkat dukungan untuk format lainnya.Winzip diciptakan untuk shareware gui dan front-end untuk PKZip. Pembuat kode kompresi winzip digabungkan dari proyek info-zip, sehingga menghilangkan kebutuhan akan PKZip.
 
Back
Top