Cara Mengemudi Disaat Cuaca Berkabut Asap

allodie

New member
Kiat dan Tips Mengemudi di Jalan Berkabut Asap

Tips Otomotif - Cuaca berkabut atau kabut asap melanda sebagian Indonesia khususnya daerah Sumatera bahkan hingga sampai ke negara tetangga. Cuaca berkabut yang terjadi kali ini lebih diakibatkan oleh pembakaran hutan. Artinya, asap yang timbul tidak hanya mengganggu jarak pandang pengemudi tetapi juga membuat mata perih serta kurangnya asupan oksigen yang dihirup. Ketika Anda menghadapi situasi serupa, proses mengemudi harus benar-benar fokus agar resiko kecelakaan dapat dihindarkan.




Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengemudi pada cuaca berkabut akibat pembakaran hutan, antara lain:

1. Tutup rapat jendela mobil, aktifkan sirkulasi AC perputaran udara hanya didalam interior, tujuannya agar mata pengendara dan pernapasan pengemudi tidak terganggu oleh asap dari luar.

2. Kurangi kecepatan sekitar 20 km/jam dari kondisi normal. Tujuannya agar pengemudi dapat membaca potensi-potensi bahaya yang tertutup kabut asap secara perlahan dan hati-hati. Sehingga apabila harus diambil tindakan menghindar, dapat dilakukan dengan benar dan aman.

sumber: autocarindonesia.com
 
Back
Top