Fakta Unik Mengenai Apakah Genosida Itu ?

majalahberita855

New member
Kejahatan_Genosida.jpg


SUMBER

Majalahberita855.com - Sebelum kita menjelaskan lebih detail mengenai dari Genosida, Perlu diketahui bahwa sebelum tahun 1944, tidak ada istilah mengenai "Genosida". Pengertiannya pun sangat merujuk pada kejahatan kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok orang (masyarakat) untuk membasmi keberadaan kelompok yang lainnya.

Deklarasi Hak-hak (Bill of Rights) AS atau Deklarasi Hak-hak Asasi Manusia Universal PBB pada tahun 1948 lebih berkaitan dengan hak-hak individu. Pada tahun 1944, seorang pengacara Yahudi Polandia yang bernama Raphael Lemkin (1900-1949) berupaya untuk menggambarkan kebijakan pembantaian sistematis yang dilakukan oleh Nazi, termasuk salah satunya yakni pembinasaan kaum Yahudi Eropa.

Raphael Lemkin pun membentuk sebuah kata yang disebut dengan "Genocide" (Genosida) yang digabungkan dari kata "Geno" ( Bahasa Yunani yang berarti suku atau ras) dan kata berikutnya yakni "Cide/Sida" (Bahasa Latin yang berarti pembantaian).

Ketika Lemkin ingin mengusulkan istilah baru ini, Dia sempat membayangkan akan sebuah rencana terkoordinasi dengan berbagai aksi yang bertujuan untuk menghancurkan landasan dasar hidup kelompok-kelompok masyarakat secara nasional, dengan arti maksud memusnahkan kelompok-kelompok itu tersendiri.

Pada tahun berikutnya, Pengadilan militer Internasional yang diselenggarakan di Nurnberg, Jerman mendakwa kepada pimpinan Nazi atas kejahatan terhadap kemanusiaan. Kata dari Genosida pun tercantum dalam dakwaan tersebut (Istilah ini hanya sebagai deskriptif, bukan hukum).

Pada tanggal 09 desember 1948, dalam bayang-bayang Holocaust dan berkat upaya keras tanpa lelah yang dilakukan oleh Lemkin sendiri, Akhirnya PBB menyetujui Konvensi tentang pencegahan dan Penghukuman kejahatan Genosida. yang dimana negara-negara lain ikut menandatangani untuk mencegah dan menghukum kejahatan ini.

Kejahatan Genosida didefinisikan sebagai berikut :

Genosida berarti suatu tindakan apapun itu yang dilakukan untuk menghancurkan, seluruhnya atau sebagian, suatu kelompok bangsa, etnis, ras atau agama, Seperti :

1) Membantai anggota kelompok

2) Menyebabkan kerusakan fisik atau mental yang serius terhadap anggota kelompok
Secara sengaja memberikan kondisi hidup yang tidak menyenangkan kepada kelompok masyarakat yang diperhitungkan akan menimbulkan pengrusakan fisik secara keseluruhan atau separuhnya.

3) Menerapkan tindakan-tindakan yang dimaksud untuk mencegah kelahiran di dalam kelompok masyarakat.

Secara paksa memindahkan anak-anak dari suatu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lainnya.

Sekian artikel berita dari kami majalahberita855.com mengenai Fakta Unik Mengenai Apakah Genosida Itu ? Semoga berita kami ini bisa menambah wawasan anda lebih luas lagi dan jika berita kami ini bermanfaat silahkan di share yah, Terimakasih.
 
Back
Top