Simpan Susu Seperti Ini Kalau Ngga Mau Kehilangan Khasiatnya!

mpokbibah

New member
Macam-Macam-Cara-Penyimpanan-Susu-570x447.jpg

Pasti pernah merasakan saat ingin mengkonsumsi susu, eh malah sudah basi ya. Nah ini tentu selain faktor kadaluarsa, faktor penyimpanan juga mempengaruhi.
Bukan Cuma bakal basi aja, susu bakal kehilangan manfaat dan khasiatnya kalau kita ngga bener nyimpennya. Nah supaya ngga jadi mubazir, ini ada kutipan tips untuk cara penyimpanan susu yang bener ya :

Tutup rapat
Usahakan untuk menyimpan susu dalam kondisi tertutup rapat. Jangan sampai anda membiarkan bakteri berkesempatan untuk masuk dalam kemasan susu dan merusak susu itu sendiri. Untuk itu, jika anda membeli susu kemasan dan sudah di buka, sebaiknya segera habiskan susu tersebut.

Dalam lemari Es
Suhu dingin dalam lemari es terbukti akan menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk yang akan membuat susu anda basi. Untuk itu, segera simpan susu dalam lemari Es pada suhu 1 hingga 4 derajat Celsius. Sebaiknya letakkan susu di bagian dalam lemari Es, bukan pada bagian luarnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu susu tetap stabil.

Segera habiskan
Khusus untuk susu cair segar, sebaiknya anda membeli kemasan kecil saja jika memang anda tidak akan menghabiskan susu tersebut dalam jangka waktu satu hari. Kebiasaan menyimpan susu yang sudah terbuka dalam lemari es, apalagi ruang terbuka, hanya akan membuat susu itu cepat membusuk, atau minimalnya kehilangan khasiatnya.

Kemasan Tetra Pak
Kemasan Tetra Pak merupakan kemasan khusus di buat dari beberapa lapisan Karton, Polyethylene serta aluminium foil. Biasanya, kemasan ini akan digunakan sebagai kemasan susu pengganti kaleng. Kemasan ini sendiri memiliki keunggulan mudah di daur ulang, lebih ringkas, aman dari bakteri pembusuk sehingga susu akan bertahan lama walaupun tidak di simpan dalam lemari Es.

Semoga bermanfaat dan mulai sekarang simpan susunya lebih apik ya :)

Sumber
 
Back
Top