Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Penyebab Kebakaran Rumah

acamitraca

New member

Kebakaran rumah sering terjadi di area sekitar kita khususnya di Ibukota Jakarta dan di daerah lainnya.

Penyebab utama dari kejadian kebakaran rumah itu sendiri kebanyakan disebabkan oleh kelalaian dari masyarakatnya sendiri. Kita sebagai warga dari suatu area kota atau daerah, sangat mendambakan lingkungan yang tenang, nyaman dan jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejadian kebakaaran rumah.

Supaya terhindar dari kebakaran rumah, ada beberapa hal yang perlu diketahui akan penyebab dari kebakaran rumah :

1. Kabel sudah tidak layak jangan dipakai lagi.
Kabel yang sudah lama dipakai dan sudah mulai kelupas kelupas dan sudah ada yang putaus-putus sebaiknya jangan dipakai lagi dan di ganti dengan yang baru saja sesuai dengan standar kabel, karna dapat berbahaya dan percikan apinya bisa menyambar ke tempat-tempat yang mudah terbakar disekitar kita.

2. Pemakaian stok kontak yang berlebihan.
Pemakaian Stop kontak yang terlalu maksimal dari colokan berbagai alat elektronik kita akan terbebani stok kontak kita sehingga dapat mengakibat mudah terbakar dan hangus. Dalam hal ini juga perlu memahami peralatan listrik yang digunakan sehari-hari. Usahakan juga memakai penyambung ke stok kontak alat nya yang mempunyai kwalitas yang bagus sehingga tidak mudah memjadi terbakar Jangan biarkan stop kontak di rumah Anda terhubung dengan banyak peralatan elektronik. Hal ini untuk menghindari dari korsleting dan terjadi kebakaran rumah.

3. Cairan yang mudah terbakar
Jika suhu udara yg luar biasa panas dalam suatu ruangan, bisa menimbulkan kebakaran melalui jenis cairan yang mudah terbakar seperti Solar, minyak tanah, dan bensin . Bahkan lem dan parfum Anda juga bisa memicu kebakaran menjadi lebih besar.

4. Alat-alat masak
Penyebab kebakaran rumah juga terkadang disebabkan akibat kompor gas yang meledak di dapur rumah. Karnanya Anda harus telaten di dalam menggunakannya. Selain itu perlengkapan masak lainnya seperti wajan dan panci juga dapat menyebabkan kebakaran karena akan sangat panas bila terlalu lama kontak langsung dengan api. Untuk itu jika anda sedang memasak jangan ditinggal tinggal masakannya di dapur dan juga perhatikan alat pemasangan di tabung gas pada kompor gas Anda pada saat sebelum memasak.

5. Buang rokok di sembarangan tempat
Kebakaran rumah di suatu tempat juga bisa disebabkan oleh karna kelalaian orang-orang tertentu di dalam membuang punting rokoknya disembarangan tempat, jika dibuangnya di dekat tempat yang mudah terbakar seperti di bengkel atau pom bensin yang sedang mengisi bensin dll. Jadi penting sekali memastikan punting rokoknya sudah dimatikan saat membuangnya ke suatu tempat.

sumber: http://mitracaonline.com/?p=25933
 
Back
Top