Tekanan Darah !!

miloais

New member
Artikel menarik tentang tekanan darah nih, dpt dari e-medik.com

Saat melakukan pemeriksaan di dokter atau rumah sakit, salah satu langkah yang selalu dilakukan adalah memeriksa tekanan darah. Hal ini bukanlah tanpa sebab, Tekanan darah menjadi salah satu indikator untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Dari pengukuran tersebut dapat dilihat tekanan darah yang paling tinggi (sistolik) dan yang paling rendah (distolik). Angka sistolik menunjukkan tekanan yang dihasilkan saat jantung memompa darah, sementara angka diastolik adalah tekanan yang dihasilkan jantung saat beristirahat.

Ukuran tekanan darah yang normal pada setiap orang pun berbeda, tergantung usia, berat badan, serta aktivitas fisiknya. Tidak sedikit orang yang mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) atau rendah (hipotensi).

Keduanya tidak menunjukkan gejala apapun, hingga tiba - tiba diserang penyakit, misalnya stroke yang umum dialami penderita hipertensi. Sementara pada penderita hipotensi, umumnya mudah mengalami pusing, lemah, hingga pingsan akibat kurangnya asupan oksigen ke seluruh tubuh.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghindari keduanya ?

Pertama, biasakanlah memeriksa tekanan darah secara rutin atau melakukan pemeriksaan kesehatan umum, setiap setahun sekali. Dengan demikian anda pun bisa melakukan tindakan preventif sebelum adanya gangguan yang lebih fatal.

Kedua, pola makan yang sehat menjadi kunci utama meminimalkan risiko hipertensi maupun hipotensi. Jika memiliki kecenderungan hipertensi, usahakan untuk selalu menjaga berat badan dengan menerapkan diet sehat. Di antaranya tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam tinggi dan tinggi lemak karena dapat mengakibatkan pembuluh darah dan jantung bekerja lebih keras saat mengalirkan darah. Sebaliknya, perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk membantu menurunkan kolesterol dan menjaga stabilitas tekanan darah.

Sementara bagi yang cenderung menderita tekanan darah rendah, upayakan untuk lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat, sayuran dan mengkonsumsi daging secukupnya. Kalaupun ingin diet, lakukan secara teratur agar mencakup seluruh asupan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Ketiga, Lakukanlah olahraga teratur untuk menjaga stamina, sekaligus sebagai media untuk mengelola stress, mengingat stres pun dapat memicu tekanan darah tinggi maupun rendah.
 
btw, Tekanan darah tinggi di dunia medis di juluki : "THE SILENT KILLER", .. soalnya menyerah tiba2, ga pandang usia, dan tanpa peringatan. So,be careful guyz..
 
Back
Top