Mobil Tanpa Sopir punya respon Lebih Cepat dari Manusia

acamitraca

New member


Volvo telah menyelesaikan rancangan kendaraan yang bisa mengemudi secara otomatis dan mobil Volvo dengan ‘autopilot’ itu ditargetkan sudah lalu lalang di jalan tahun depan. Menurut pabrikan ini setir otomatis itu bereaksi lebih cepat dibanding manusia.

Seperti diwartakan AFP, Jumat (20/2/2015), Volvo menyatakan siap memproduksi mobil dengan setir otomatis alias auto pilot tersebut. “Volvo Cars telah merancang sistem kemudi otonom dan siap untuk diproduksi ,” tutur Kepala Riset dan Pengembangan Volvo, Peter Mertens.
“Kunci dalam membuat lompatan ini adalah jaringan yang kompleks dari sensor, cloud-based positioning systems,rem pintar dan teknologi pengemudian,” ucapnya.

Volvo memang tengah memacu diri untuk bersaing dengan Nissan dan Google untuk menjadi pabrikan pertama yang menjual mobil berkemudi otomatis. “Pengemudian otonom secara mendasar akan mengubah cara pandang kita mengenai berkendara,” kata Mertens.

Dia menyadari kemudi otomatis merupakan hal yang baru bagi dunia otomotif. Sehingga, lanjutnya, akan menghadapi persyaratan yang ketat, terutama dalam hal keselamatan.

Pabrikan asal Swedia itu mengaku telah mengembangkan teknologi autopilot berikut sistem penyokongnya. Walhasil mengemudi secara otonom tetap mampu beroperasi meski ada bagian tertentu dari mobil yang tidak berfungsi.

“Membuat sistem yang kompleks 99 persen dipercaya ini, belumlah cukup. Kami sebisa mungkin mendekat ke 100 persen sebelum kendaraan berkemudi otomatis boleh berada di jalanan, bercampur dengan kendaraan lain dalam kondisi lalu lintas sebenarnya ,” ujar Erik Coelingh spesialis teknik Volvo.

Pabrikan ini akan menyediakan 100 kendaraan berkemudi otomatis itu di jalanan kota Gothenburg pada 2017. Program itu merupakan kerja sama dengan pemerintah kota dan regulator transportasi Swedia.

Sejak dibeli Ford pada 1999, Volvo Car Corporation telah menjadi unit usaha yang terpisah dari Volvo Group yang bergerak di bidang produksi truk, bus, serta alat berat. Pada 2 010 pabrikan itu dijual Ford kepada perusahaan asal Tiongkok, Geely.

Sumber: http://mitracaonline.com/wp-content/uploads/2015/02/112229_volvo.jpg
 
teknologi makin berkembang, kerusakan bumi juga makin nyata. Diperkirakan tahun 3000 (jika bumi ini blm hancur) manusia akan kehilangan kesempatan bekerja krn lapangan kerja 90 persen di isi oleh robot. Hanya org2 yang punya ketrampilan khusus yg punya peluang mendapatkan pekerjaan
 
Back
Top