kelebihan mesin absensi manual pada umumnya

Status
Not open for further replies.

duchiKO

New member
Berdasarkan sejarah alat penghitung waktu kerja karyawan, mesin absensi kartu manual adalah jenis pertama kali yang digunakan di kantor sejak kurang lebih dua abad yang silam. Perusahaan seringnya mengalami kendala dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kehadiran karyawannya. Terkadang untuk memonitor jam kerja para karyawan saja, perusahaan masih belum maksimal. Implementasi sistem absensi manual yang diterapkan beberapa tahun yang lalu, dinilai dan dirasa kurang efektif untuk memantau kehadiran para karyawan. Banyak jenis mesin absensi yang beredar di luar sana, yang biasa di pakai oleh kebanyakan perusahaan zaman dulunya adalah Mesin absensi manual.

Adapun Kelebihan dari Mesin Absensi Manual adalah sebagai berikut :
• Jika ada karyawan yang terlambat maka mesin absensi akan mencetak keterangan dengan menggunakan tinta merah.
• Harga relatif murah. Mesin absen murah menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan berskala kecil (yang jumlah karyawannya dibawah 100) karena harganya terjangkau. PS: Tergantung pada merk dan tipe tertentu).
• Pencetakan waktu secara real time. Informasi berupa tanggal dan hari yang dicetak pada kartu absen masing-masing karyawan adalah informasi yang real time karena sesuai dengan waktu yang ditunjukkan pada jam analog di mesin absensi tersebut.

Baca juga artikel lainnya :
Macam Macam Alat hitung kasir menurut tipe dan modelnya
Mengenal Mesin Absensi sidik Jari ( FingerPrint )
 
Last edited:
di beberapa instansi pemerintahan undah menggunakan absensi retina mata dan lbh akurat datanya krn ga bisa diwakilkan seperti halnya absensi kartu atau absensi sidik jari. Cuman kekurangan dari absensi retina mata jika mesinnya lg ngadat atau batreinya abis. Dan untuk pencetakan data harus terhubung ke internet
 
ada untungnya supaya karyawan ga bisa bohong soal isi absen,.. terlambat atau korupsi waktunya bkl kelihatan
 
ada untungnya supaya karyawan ga bisa bohong soal isi absen,.. terlambat atau korupsi waktunya bkl kelihatan

Hhoho bener juga ya den, soalnya banyak juga karyawan yang absen sembarangan, bilang masuk jam 7 padahal masuk jam 9 hehe
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top