CIRI CIRI BATU GIOK ASLI

ISWANDA

New member
CIRI CIRI BATU GIOK ASLI

Ciri-Ciri Batagiok
Ciri-Ciri Batu Giok
Ciri-ciri batu giok akan saya bahaskan disini AGAR SAUDARA TIDAK TERTIPU oleh segelompok orang yang sengaja menyampaikan informasi yang salah tentang batu giok dengan segala cara mitos-mitos nya. Sebelumnya saya memberi tau dulu tentang batu giok ada baiknya saya bahas dulu tentang ciri-ciri batu giok ok. Batu giok yang dinyatakan asli di Dunia ini hanya dua jenis batuan yaitu Nefrit (Nephrite) dan Jadeit (Jadeite). Tidak sama dengan nefrite yang dikenal luas dalam kebudayaan Cina semenjak zaman Neolitikum (6000 tahun sebelum Masehi), Jadeit baru kelihatan pada pertengahan abad ke 18 yaitu pada masa Dinasti CHING (1644-1912).

Jadeit yang asal mulanya diimpor dari wilayah Burma, mempunyai sifat-sifat yang berbeda-beda dari nefrit, baik secara mineralogi maupun gemologi. Mineral penyusunnya piroksen sedangkan nefrit amfibol, berat jenisnya lebih besar, transparansinya lebih tinggi dan warnanya lebih menyala dan lebih beragam. Di perdagangan, jadeit dihargai jauh lebih tinggi dari nefrit.
Ciri-ciri batu giok asli
Apakah Batu Giok Tahan Panas?
Jawabannya TIDAK ,
Berkenaan sifat tahan panas, hal ini sangat bertentangan dengan hukum alam. Batu giok yang memiliki thermal diffusivity atau sifat menyebarkan panas 0,0160 cm2/detik, ji kalau dipanasi di satu titik, temperaturnya akan naik lebih cepat dibandingkan dengan beberapa jenis batuan lain seperti obsidian atau batu kendan dari Garut (0,00688 cm2/detik), ataupun batuan phrehnit berwarna hijau dari Kalimantan Selatan (0,0145 cm2/detik).

Berkenaan sifatnya yang dingin, batu giok memang lebih dingin dari kebanyakan bebatuan lainnya seperti obsidian, serpentin, atau prehnit karena batu giok memiliki thermal inertia atau kelembaman panas lebih tinggi. Tetapi apabila dibandingkan dengan mineral kelompok kwarsa, ternyata kelembaman panasnya seimbang sehingga rasa dinginnya pun dapat dipastikan sama.
Dengan demikian sungguh sulit dipahami dan diterima dengan akal sehat kalau di antara para pemburu atau penguji batu giok (disebut tester) khususnya di indonesia
mensyaratkan bahwa batu giok yang dicari harus Anti panas atau tidak berubah suhunya jika dipanasi selama 15 menit, terasa dingin dan seperti ruangan ber AC.


Para Ilmuan Batu Giok / Jade seluruh Dunia pasti akan tertawa ( NGAKAK...) mendengar pengakuan bahwa pedagang / makelar / buyer indonesia mencari batu giok yang jika di panasi dengan api selama 15 menit, maka batu giok tersebut tidak akan terasa panas sedikitpun. Konon Giok anti panas ini, Buyer indonesia memasang harga beli mulai dari Rp. 300 Juta / Kg hingga sampai Rp. 1 M alias 1 meter alias satu Milyar per Kg nya ( RuarRRR... Binasa ) .
Apakah Giok Melayang Di Air?
Jawabanya TIDAK...
Jika ada orang mencari giok dengan mengsyaratkan bisa melayang di air, sudah pasti bahwa orang tersebut tidak mengerti dengan batu giok ( Alias Bodoh ) atau Orang tersebut memang mencari suatu syarat yang tidak bisa di penuhi ( Kalau sudah demikian dipastikan anda harus WASPADA ... Barangkali orang tersebut mau menipu saudara ... Waspadalah 3X ...kata bang Napi
Para Ilmuan Batu Giok / Jadi seluruh Dunia jika mendengar pengakuan bahwa pedagang / makelar / yer indonesia mencari batu giok yang jika dimasukin ke air tidak tenggelam alias melayang dipatikan akan TERPINGKAL-PINGKALLEBIH NGAKAK LAGI....

Apakah Batu Giok ini Tahan Gores ?
Jawabannya YA... Batu giok ini Tahan Gores
Di antara sifat-sifat yang disyaratkan oleh para pemakai batu giok di Indonesia seperti tahan gores, tahan panas dan terasa dingin, hanya sifat tahan goreslah yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Hal ini dapat dimaklumi karena kerasnya batugiok cukup tinggi yaitu (dalam skala Mohs) sekitar 6,5 untuk nefrit dan 7,0 untuk jadeit. Sifat tahan gores ini merupakan metode pertama dalam membedakan giok asli dengan giok palsu
Namun walaupun tahan gores batu giok ini masih bisa dibentuk menjadi perhiasan. Artinya bahwa giok tersebut memiliki sifat yang sama dengan bebatuan lainnya yaitu bisa tergores ataupun terpotong oleh bebatuan atau logam yang memiliki kekerasan lebih tinggi darinya.
SUMBER
http://blog-iswanda.blogspot.co.id/2015/11/ciiri-ciri-batu-giok-asli.html
 
Back
Top