Sejarah Singkat Hari Raya Waisak
 
Go Back   Home > Agama > Buddha

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Sejarah Singkat Hari Raya Waisak




cahaya.co- Menjelang Hari Raya Waisak (15/05). Kata “Waisak” berasal dari bahasa Sansekerta disebut “Vaisakha”.Hari Raya Waisak sering disebut dengan Hari Raya Trisuci Waisak karena hari Waisak terjadi pada tiga peristiwa penting, yakni kelahiran Pangeran Sidhartha Gautama pada tahun 623 S.M, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama tahun 588 S.M dan Kematian Sang Buddha Gautama pada tahun 543 S.M di usia 80 tahun.

Tiga kejadian ini terjadi pada hari yang sama ketika bulan purnama di bulan Waisak. Keputusan merayakan Trisuci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists-WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950. Perayaan ini dilakukan pada purnama pertama di bulan Mei.

Untuk memperingati Hari Raya Waisak, umat Buddha merayakannya dengan pergi ke Wihara dan melakukan ritual Puja-Bhakti yang bertujuan untuk mengingat kembali ajaran Sang Buddha, dan mencontoh perilaku Sang Buddha serta melaksanakan ajaran agama Buddha yakni, menghindari pembunuhan makhluk hidup, mencuri, berbuat asusila dan lainnya. Selan itu, umat Buddha biasanya mengembangkan cinta kasih dengan membantu orang – orang yang mengalami kesusahan.

Perayaan Hari Raya Waisak ini bisa memberikan contoh yang positif terhadap Umat Buddha dan Umat Agama lainnya untuk bisa membantu sesama makhluk hidup yang membutuhkan.(yp)

Sumber : Cahaya.co
Ririnkurniawati Ririnkurniawati is offline
Village Level

Post: 59
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Sejarah Singkat Hari Raya Waisak

Kutip:
Oleh Ririnkurniawati View Post
Perayaan Hari Raya Waisak ini bisa memberikan contoh yang positif terhadap Umat Buddha dan Umat Agama lainnya untuk bisa membantu sesama makhluk hidup yang membutuhkan.
di indonesia sudah cukup berjalan baik yang kita sebut gotong royong, cuman mungkin org2 yg hidup di kota2 besar kurang melakukannya krn kesibukan dll. Kita juga beruntung hidup di bumi indonesia, toleransi antar umat beragama sangat tinggi. bandingkan di negara2 lain seperti myanmar atau negara2 teluk, sesama agama masih saling perang
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 64.014
 
Reputasi: 1490

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
n1ngs1h
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Selamat Hari Waisak 2555 BE/2011 spirit Buddha 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.