3 Makanan Enak khas Jepara

Nettik

New member
PINDANG_BANDENG_PEDAS_7_12.1.51_960X1440.jpeg


Jika anda sedang pergi ke Jepara, maka akan sangat menyenangkan apabila perjalanan anda diselingi dengan perburuan wisata kuliner di kota kecil ini. Di kota ini, tersedia berbagai jenis jajanan lengkap. Mulai dari makanan yang khas Jepara asli, sampai makanan-makanan mancanegara bisa anda temui di sini.

Artikel Terkait: Mengenal Pentol Daging khas Madiun dan Cara Pembuatannya

Karena memang tidak sedikit kafe atau restoran yang bisa anda dapati di pinggiran jalan besar kota ini yang menyediakan makanan-makanan Thailand, Cina, Jepang bahkan Eropa.

Mengapa ada saja yang menjual makanan mancanegara? Karena memang kota ini banyak dikunjungi turis dari berbagai negara itu tadi, kebanyakan dari mereka mengunjungi kota ini karena tertarik dengan ukiran-ukiran khas Jepara yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

Memang, potensi kota Jepara sangatlah beragam, selain daripada jajanan-jajanan khas Jepara, kota ini juga menjadi pusat industri furniture, pembuatan handicraft, pengrajin monel, sentra konveksi, pembuatan keramik atau genting, pabrik-pabrik rumahan serta festival tahunan Jepara sehingga banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang tertarik mengunjungi kota ini.

Makanan Khas Jepara

Nah, diantara makanan-makanan khas yang terdapat di Jepara, ada 6 macam makanan asli Jepara yang paling terkenal dan fenomenal. Berikut ini adalah makanan-makanan tersebut;

1. Horog-horog

Horok-Horok-Jepara-nugie-gallery.blogspot.jpg


Horok-horok adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Makanan ini tergolong langka, dikarenakan Horok-horok umumnya sangat sulit kita temui kalau di luar Jepara. Horok-horok umumnya dimakan dengan sate kikil, soto, bakso, gulai, dan sayur pecel. Selain itu dapat juga dimakan dengan diberi santan dan sedikit gula pasir, seperti bubur. Bahan pokok Horok-horok adalah tepung yang terbuat dari pohon aren, makanan ini sudah populer semenjak masa peperangan.

Yang unik adalah metode ketika mengambil bubuk dari pohon arennya, biasanya para pembuat horok-horok akan menggunakan sisir. Sehingga horok-horok mempunyai bentuk butiran-butiran kecil menyerupai busa styrofoam yang kenyal dengan rasa sedikit asin.

Untuk memperoleh pohon aren yang akan digunakan untuk membuat Horok-horok, para perajin asal Jepara akan berburu sampai ke luar daerah, seperti ke Rembang, Pati dan Blora. Tepung aren ini, setelah dibersihkan, kemudian dikukus hingga matang. Dan setelah didinginkan, horok-horok akan bertekstur kenyal.

Bagi masyarakat Jepara Horok-horok merupakan sumber karbohidrat masyarakat Jepara sebagai pengganti nasi atau lontong.

2. Moto Belong

IMG_5193-1.jpg


Moto Belong atau yang bisa disebut juga Moto Blong merupakan salah satu jajan pasar asli khas Jepara. Moto Belong mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Jepara.

Asal usul makanan tersebut dinamakan Moto Belong adalah diambil dari bahasa Jawa, yaitu Moto artinya mata, sedangkan Belong artinya melotot. Makanan tersebut dinamai Moto Belong karena bentuk makanan tersebut menyerupai bentuk mata yang melotot.

Apabila anda ingin membuat jajanan ini di rumah, cukup siapkan pisang dan singkong. Apabila sudah siap, maka parut singkong tadi lalu peras. Kemudian isi pisang yang sudah matang lalu buat seperti kapsul, jika perlu, bisa juga diberi pewarna makanan agar lebih menarik. Untuk penyajiannya, biasanya dengan cara dipotong/diiris tipis-tipis (sehingga berbentuk menyerupai bola mata) dan dicampur dengan parutan kelapa yang ditambah sedikit gula & garam.

3. Adon-adon Coro

kab%20jepara-adon-%20adon-coro.JPG


Adon-Adon Coro atau sering disebut Jamu Adon-Adon Coro merupakan minuman tradisional khas kota Jepara. Minuman ini berupa jamu yang dicampur dengan rempah-rempah, antara lain pandan, merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas yang disiram dengan santan, jahe gula merah dan air. Minuman ini berasa pedas dan hangat, mirip dengan wedang jahe.

Adon-adon coro bisa ditemui di pelataran sekitar Shopping Centre Jepara, di sebelah utara Alun-Alun Kota Jepara. Yuk, jalan-jalan ke Jepara.
 
sayangnya saya gaterlalu suka ikan, suka mual karna alerghi atau apaya ?

dua jenis makanan(kecil),+ 1 minuman.. ga ada yg pakai ikan!
----
- orog2 ga ada rasanya. makan pakai parutan kelapa baru terasa enak.
- mata belong. sentiling tengahnya diisi pisang, diiris 1/2-1 cm tebelnya.
minuman coro/wedang coro: wedang santan pakai pemanis gula-merah/juruh hiasan yg mengapung diatas dit4ku mirip plered. yg pakai sirup biasa dit4ku namanya wedang-plered.
 
dua jenis makanan(kecil),+ 1 minuman.. ga ada yg pakai ikan!
----
- orog2 ga ada rasanya. makan pakai parutan kelapa baru terasa enak.
- mata belong. sentiling tengahnya diisi pisang, diiris 1/2-1 cm tebelnya.
minuman coro/wedang coro: wedang santan pakai pemanis gula-merah/juruh hiasan yg mengapung diatas dit4ku mirip plered. yg pakai sirup biasa dit4ku namanya wedang-plered.

wah tau aja
coba bisa kirim" kesini makanannya hehe
 
Back
Top