Kemasan Makanan Memiliki Nilai Ekonomi dan Nilai Keamanan

sinici

New member
DZ-5002E-mesin-vacuum-single-chamber-300x300.jpg


kemasan bahan makanan yang orang harapkan memiliki tampilan yang menarik, agar menarik konsumen untuk membeli, namun yang namanya kemasan hal yang terpenting adalah perlindingan bahan makanan tersebut agar makanan yang ada didalamnya aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama, bicara soal kemasan industri makanan tentunya sangat memerlukan kemasan yang baik dalam proses pembungkusannya oleh karena itu mesin vakum sealer di perlukan dalam proses terahir industri makanan.

Kemasan dengan tambahan mesin vakum sealer dilengkapi dengan suatu pembatas sintetis yang aman untuk bahan pangan. Teknik ini terbukti efektif dalam menjaga bahan pangan dari kelembaban udara. Udara membawa kandungan uap air yang sewaktu – waktu dapat terserap dalam bahan pangan. Kandungan air dalam bahan pangan dapat mendukung pertumbuhan mikrobia yang dapat merusak bahan pangan. Mikrobia dalam bahan pangan dapat hidup apabila kriteria kandungan air dalam bahan pangan memenuhi nilai tertentu. Untuk menekan pertumbuhan mikrobia maka diperlukan proses pengurangan kadar air pada bahan dan pengemasan yang baik agar tidak terpapar udara bebas yang mengandung uap air.

Teknik mesin vakum sealer juga dapat mempertahankan suhu bahan pangan. Pengaturan suhu merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan pada penanganan bahan pangan. Suhu berpengaruh pada keadaan bahan pangan. Suhu yan terlapau tinggi akan mengakibatkan perubahan kimia dalam bahan pangan, mengakibatkan kerusakan komposisi bahan maupun kerusakan yang dapat terasa oleh indra manusia seperti bau yang kurang sedap maupun tampilan yang kurang menarik. Perubahan kimia dalam bahan pangan juga dapat berbahaya bagi kesehatan konsumen. Banyak jenis bahan kimia yang bersifat merusak komponen- komponen biologis pada manusia. Maka dari itu keadaan suhu pada bahan pangan perlu diperhatikan.

Kemasan yang telah dilengkapi mesin vakum sealer tersebut akan bertambah nilainya dalam penjagaan kualitas bahan pangan apabila ditambahkan almuniumfoil. Almunium foil dapat menghalangi paparan sinar matahari langsung yang sewaktu – waktu dapat terjadi kontak dengan bahan. Sinar matahari langsung banyak dilarang oleh pelaku usaha dengan menambahkan label peringatan pada kemasan, hal itu dilakukan bukan tanpa alasan. Paparan sinar matahari langsung dapat merubah sifat- sifat bahan dari segi fisik maupun kimiawi. Pada segi kimiawi perubahannya dapat mengakibatkan berbagai efek berantai yang akan membahayakan konsumen pada akhirnya. Sedangkan segi fisik dapat mempengaruhi tampilan bahan dimana konsumen akan berfikir untuk membeli produk tersebut.

Sumber
 
Last edited:
Back
Top