Cara Mengatur Pengeluaran Rumah Tangga Setelah Gajian

Status
Not open for further replies.

mulaniari

New member
9108892082_58fcae11c0_k-681x464.png


Ibarat lagu dangdut “gali lubang, tutup lubang” sebagian pasangan muda yang menjalin bahtera rumah tangga masih merasa sulit mengatur pengeluaran mereka setelah menerima gaji bulanan.
Hal ini seringkali membuat para pasutri merasakan kesulitan keuangan sebelum pertengahan bulan. Biaya hidup yang semakin tinggi dan kebutuhan lainnya juga membuat terkadang sulit untuk mengatur pengeluaran.

Berikut ini 6 cara mengatur pengeluaran rumah tangga

1. Siapkan rancangan anggaran
Rencanakan anggaran bulanan dengan membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Pertama, tentukan prioritas paling penting bagi kamu dengan pasangan.

Siapkan anggaran primer seperti makan, bensin atau ongkos bekerja, tagihan listrik, hingga pembiayaan cicilan. Sisakan juga anggaran belanja kebutuhan lain, liburan, hingga anggaran tidak terduga yang datang tanpa diduga.

2. Segera Bayar Tagihan
Selain menyiapkan rancangan, tentukan pula prioritas untuk membayar tagihan. Tagihan listrik, telepon, hingga cicilan lainnya.

Memisahkan anggaran ini atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya. Jangan lupa pula, catat setiap tagihan yang akan kamu keluarkan dalam rancangan anggaran

3. Survei harga
Belanja memang sebuah kewajiban bagi pasangan muda yang baru menikah. Jika berencana membeli barang yang kamu suka, disarankan untuk melakukan survei harga terlebih dahulu.
Ini dilakukan supaya kamu lebih mudah untuk memperkirakan berapa uang yang nantinya akan kamu keluarkan.

4. Bawalah uang secukupnya
Pastikan tidak membawa uang yang berlebihan ketika berbelanja. Tujuannya tentu saja agar Anda tidak “kalap” sehingga menyesal telah menghabiskan banyak uang yang tidak sesuai dengan prioritas yang kamu lakukan saat membuat rancangan anggaran.

5. Sisihkan gaji untuk tabungan
Setelah membuat rancangan anggaran untuk berbelanja, sekarang sisihkan gaji awal dengan menabung. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

6.Cerdas menggunakan kartu kredit
Sebagian masyarakat biasanya harap-harap cemas ketika akhir bulan atau saat gajian karena mereka harus melakukan pengeluaran dengan membayar kartu kredit.

Misalnya gunakan promo atau cash-back untuk belanja kartu kredit. Selain itu sisakan juga uang gaji untuk membayar kartu kredit.

Sumber: http://www.seekmi.com/mag/cara-mengatur-pengeluaran-rumah-tangga-setelah-gajian/
 
mengatur pengeluaran sih... semua orang mampu!
mengatur pendapatan agar lebih dari cukup yg agak2 ngebuat pusing.
...
paling enak tuh kerja tukang sapu jalanan. tiap hari pasti dpt duit pa barang berharga yg jatuh dijalan.
(coba konfirmasi, kalo ga yakin buktikan sendiri)
 
this is real haaha

ya real lah haha

mengatur pengeluaran sih... semua orang mampu!
mengatur pendapatan agar lebih dari cukup yg agak2 ngebuat pusing.
...
paling enak tuh kerja tukang sapu jalanan. tiap hari pasti dpt duit pa barang berharga yg jatuh dijalan.
(coba konfirmasi, kalo ga yakin buktikan sendiri)

hahaa bisa aja, tapi bener juga sih kalo nyapu" pinggir jalan biasanya dapet aja duit recehan kalo ga puluhan ribu :D
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top