Ini dia 5 manfaat sehat dari segarnya kulit jeruk

Kalina

Moderator
Merdeka.com - Buah jeruk sudah tak diragukan lagi menjadi buah yang super sehat. Hal ini disebabkan karena jeruk tinggi akan vitamin C dan serat yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan sistem pencernaan.

Umumnya saat makan jeruk, Anda pun mengonsumsi dagingnya dan membuang kulitnya. Namun siapa sangka jika buah jeruk pun memiliki manfaat sehat. Penasaran? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah jawabannya.

Meredakan gangguan pencernaan

Kulit jeruk yang dikeringkan ternyata tinggi akan manfaat sehat untuk pencernaan. Saat perut Anda sedang tidak nyaman dan kembung, masukkan kulit jeruk yang kering di dalam segelas air hangat. Kemudian minumlah. Ramuan ini efektif untuk meredakan gangguan pencernaan, mual, naiknya asam lambung, serta mampu meningkatkan nafsu makan.

Melarutkan dahak

Di musim hujan seperti ini, penyakit batuk dan pilek pun berdatangan. Seringkali tenggorokan Anda pun dipenuhi dengan dahak. Nah, minum hangat yang dicampur dengan kulit jeruk yang sudah dikeringkan membantu dalam melarutkan dahak serta melonggarkan hidung yang tersumbat.

Bersifat anti mikroba

Kulit jeruk memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi di dalamnya sehingga dapat membunuh bakteri dan virus di dalam tubuh. Sifat ini juga dapat mengurangi keasaman dan mencegah sembelit dalam perut Anda.

Mengurangi kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan trigliserida dan kolesterol sehingga kolesterol Anda pun akan menurun.

Mencegah kanker usus

Kulit jeruk mengandung flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina, bahan alami yang efektif dalam melawan kanker usus besar hingga osteoporosis.

Ternyata kulit jeruk bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Tertarik untuk mencobanya?
 
wah, sudah berapa banyak kulit jeruk yang non kalin buang ?
sayang" tuh lebih baik dikumpulkan lalu buat bisnis kulit jeruk deh hehe
 
walaah aku baru tau ini soal kulit jeruk, taunya istilah tas kulit yg motifnya kulit jeruk hehehe
ternyata buat kesehatan juga yaa,
 
walaah aku baru tau ini soal kulit jeruk, taunya istilah tas kulit yg motifnya kulit jeruk hehehe
ternyata buat kesehatan juga yaa
 
Back
Top