Banyak Kegunaan Mesin Vakum Sealer dalam Pengamasan

sinici

New member
Vakum-3-1024x677.jpg

Di dunia industri makanan mesin vakum sealer sudah tidak asing lagi digunakan karena mesin ini cukup efektif untuk mengemas makanan dan manfaatnya sangat dirasakan bagi para pelaku industri makanan selain untuk melindungi, kemasan yang tanpa udara juga akan membuat makanan yang ada di dalamnya tetap aman dan awet, dan saat ini mesin vakum sealer tidak hanya di gunakan untuk mengamas makanan saja tapi juga untuk mengemas kosmetik dan juga peralatan yang berlogam tujuannnya untuk melindungi agar logam tersebut tahan terhadap cuaca hujan dan panas serta udara berdebu agar tidak terjadi korosi atau karat.

Pelaku industri makanan baik home industry maupun di perusahaan berskala besar tentunya sudah tidak asing dengan mesin yang satu ini. Tentu saja, karena dengan adanya mesin vakum akan sangat membantu pekerjaan dalam bidang pengemasan produk. Penggunaan mesin ini terutama penting untuk menjaga kehigienisan serta kualitas dari makanan dalam kemasan plastik. Beberapa jenis makanan yang dalam pengemasannya menggunakan mesin penyedot udara ini umumnya berupa frozen food atau makanan beku semisal sosis, daging sapi, daging ayam, daging ham untuk isi burger, nugget, dan lain-lain. Keberadaan mesin ini menjawab kebutuhan industri akan pengemasan yang baik dan berkualitas serta dapat menambah awet makanan yang disimpan hingga empat kali lipat.

Cara kerja mesin vakum ini cukup sederhana. Pertama, seluruh udara yang ada dalam kantong plastik yang sudah berisi bahan makanan beku akan disedot sampai habis. Setelah selesai, mesin akan melanjutkan pekerjaannya dengan menyegel kemasan supaya tidak ada lagi udara yang masuk ataupun keluar dari kemasan. Kenapa udara dalam kemasan harus disedot? Rupaya, adanya udara dalam kemasan plastik bisa menyebabkan sebuah proses bernama dioksidasi yang bisa membuat makanan menjadi tidak tahan lama sebagai akibat dari tumbuhnya bakteri. Makanan yang tidak tahan lama ini bisa kadaluwarsa sebelum waktunya sehingga kualitasnya menurun. Imbasnya, produsen bisa merugi karena produk tidak laku.

Pentingnya mesin vakum membuat produsen frozen food hampir pasti memilikinya dalam pabrik masing-masing. Terutama karena pekerjaan untuk meyedot udara dalam kemasan plastik tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong tanpa bantuan mesin. Jika bisa, pastinya akan dibutuhkan waktu yang sangat lama dan hasilnya belum tentu bisa sebaik hasil seperti yang dikerjakan oleh mesin. Menyediakan unit mesin ini dalam sebuah usaha makanan beku adalah investasi. Harga yang terbilang mahal tidak akan jadi masalah jika mengingat kegunaannya yang mampu mempercepat proses pengemasan di samping menjamin produk makanan tetap segar. Bahkan, beberapa mesin sedot ini tersedia dalam ukuran kecil sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.


Sumber
 
Last edited:
Back
Top