Perangi HIV/AIDS!!
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

loading...



View Poll Results: Apakah Anda termasuk pelaku seks bebas?
Ya 1 4,00%
Tidak 24 96,00%
Voters: 25. You may not vote on this poll

 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Re: Perangi HIV/AIDS!!

Kutip:
Oleh KalinaMaryadi View Post
Ituloh.. Luka yg gk dikasih perban ato plester.. Pas dihinggapin lalat ato nyamuk, trus serangganya nemplok ke luka org lain.. Katanya kayk gitu jg bs menularkan penyakit ini..
oh gitu toh non, jadi bukan hanya dari seksual yah ?
msyahrul
msyahrul msyahrul is offline
Continent Level

Post: 3.903
 
Reputasi: 28

       





Reply With Quote     #12   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Perangi HIV/AIDS!!

Stigma dari Nakes Hambat Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak

Untuk mencegah penularan HIV-AIDS dari ibu ke anak, mengetahui status si ibu positif HIV atau tidak penting dilakukan. Sayang, masih adanya stigma dari tenaga kesehatan (nakes) seperti perawat dan bidan dapat menghambat upaya pencegahan tersebut.

Prof Dra setyowati, SKp, M.App.Sc, PhD menuturkan, walaupun tidak semua ibu hamil terinfeksi HIV, tapi ketika dia tahu statusnya
positif, maka si ibu bisa mendapat petunjuk apa yang mesti dilakukannya dari tenaga kesehatan seperti perawat dan bidan. Hanya
saja, ketika masih ada stigma dari si perawat atau bidan, ibu bisa malu untuk mengetahui statusnya.

"Orang dengan HIV-AIDS (ODHA) dia mengalami stigma dan diskriminasi tidak hanya di kelompoknya saja tapi juga di komunitas dan institusi
pelayanan kesehatan oleh perawat dan tenaga lain," kata Prof Wati dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI) di Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (16/1/2016).

Hal inilah yang menurut Prof Wati membuat ibu tidak mau terbuka dengan statusnya sehingga dia tidak mengonsumsi antiretroviral (ARV) dan akibatnya, risiko penularan HIV-AIDS ke calon anaknya pun tinggi.

Dalam penelitian Prof Wati dan tim yang berjudul 'Pencegahan Penularan HIV-AIDS di Lingkungan Ibu Rumah Tangga dengan Pemberdayaan Petugas Kesehatan dan Pelibatan Keluarga di Indonesia' , ditemukan bahwa masih kuatnya stigma dan diskriminasi yang dialami wanita ODHA dari keluarga, masyarakat, ataupun tenaga kesehatan.

Meski pemahaman ODHA terhadap HIV-AIDS cukup baik dan mereka sudah berusaha teratur mengonsumsi ARV, stigma dan diskriminasi menimbulkan perasaan sulit berkomunikasi dengan tenaga kesehatan. Penelitian ini dilakukan di 7 provinsi di Indonesia dengan partisipan 10 orang tenaga kesehatan dan 140 wanita ODHA dari tiap provinsi.
"Dari penelitian itu kita membuat 6 modul yang berisi di antaranya bagaimana pengelolaan wanita ODHA, bagaimana pendekatan dengan keluarga, bagaimana pendekatan budaya, serta bagaimana membuat kolaborasi antara LSM dengan tenaga kesehatan di puskesmas. Modul itu sudah kita berikan ke Kemenkes dan sebelumnya sudah diterapkan dalam workshop di lima provinsi," papar Prof Wati.

Prof Wati berpendapat, masih adanya stigma bahkan dari tenaga kesehatan bisa saja akibat kurangnya pemahaman tenaga kesehatan itu sendiri soal HIV-AIDS. Misalnya yang dipahami adalah HIV bisa menular melalui berpelukan, bicara, atau bersentuhan.

"Padahal kan nggak, hanya lewat pemakaian jarum suntik bersama atau cairan kelamin. Padahal pemahaman yang keliru memicu stigma dan diskriminasi akibatnya sulit untuk mencegah penularan HIV dari ibu ke anak karena ibunya mau ke puskesmas sudah malu dan takut didiskriminasi dan mendapat stigma," kata Prof Wati.

DetikHealth
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #13   Report Post     Original Poster (OP)

Kutip:
Oleh msyahrul View Post
oh gitu toh non, jadi bukan hanya dari seksual yah ?
Iya, betul
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #14   Report Post  

Re: Perangi HIV/AIDS!!

kalo berbagi makanan ama orang yang kena boleh ga?
btw, pollnya gitu amat pertanyaannya...
randruin
randruin randruin is offline
Home Level

Post: 11
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #15   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Perangi HIV/AIDS!!

Kutip:
Oleh randruin View Post
kalo berbagi makanan ama orang yang kena boleh ga?
btw, pollnya gitu amat pertanyaannya...
air liurnya itu yang bahaya, kalo gak salah, sih..
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #16   Report Post  

Re: Perangi HIV/AIDS!!

mending setia biar tetep imut kaya zinc tablet child
aaonline
aaonline aaonline is offline
Village Level

Post: 93
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #17   Report Post  

Re: Perangi HIV/AIDS!!

Kutip:
Oleh msyahrul View Post
perkembangan/penularan penyakit sperti ini gmna sih ? dan bagaimna cara pencegahannya ?
cara mencegahnya ya seperti yg den spirit bilang

Kutip:
Oleh spirit View Post
HIV/AIDS tak perlu ditakuti krn para pelaku seks bebas hanya akan menularkannya bagi org2 yang berhubungan badan terhadap mereka.

rahasia terbebas dari HIV/AID yaitu tidak berhubungan badan dengan org bukan pasangan sah. Dan pastingan pasangan sah itu tak punya riwayat penganut seks bebas. Juga tidak menggunakan jarum suntik bekas pakai
Muh.Ridwan
Muh.Ridwan Muh.Ridwan is offline
Continent Level

Post: 2.792
 
Reputasi: 46






Reply With Quote     #18   Report Post  

Re: Perangi HIV/AIDS!!

teman saya baru banget meninggal kena penyakit HIV/AIDS, klo dilihat kesian juga badannya seperti tengkorak tinggal tulang doang, kulitnya gatal" suka marah" gajelas gitu
rioobes
rioobes rioobes is offline
National Level

Post: 1.221
 
Reputasi: 18






Reply With Quote     #19   Report Post  

Re: Perangi HIV/AIDS!!

Kutip:
Oleh rioobes View Post
teman saya baru banget meninggal kena penyakit HIV/AIDS, klo dilihat kesian juga badannya seperti tengkorak tinggal tulang doang, kulitnya gatal" suka marah" gajelas gitu
ihh yang bener den, ngegerogotin semua tubuh kita itu mah ya
ngeri ahh dengernya
adienoviyani
adienoviyani adienoviyani is offline
National Level

Post: 1.675
 
Reputasi: 6






Reply With Quote     #20   Report Post  

Re: Perangi HIV/AIDS!!

Kutip:
Oleh adienoviyani View Post
ihh yang bener den, ngegerogotin semua tubuh kita itu mah ya
ngeri ahh dengernya
iyaa memang bener, itu juga umurnya bisa kehitung hari
rioobes
rioobes rioobes is offline
National Level

Post: 1.221
 
Reputasi: 18

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Bagaimana Wortel Perangi Gangguan Perut Kalina Kesehatan 0
Perangi Obesitas dengan Makan Anggur Kalina Kesehatan 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.