Cloud Hosting Murah Belum Tentu Aman

vibicla

New member
Beberapa tahun ini cloud menjadi salah satu topic yang familiar diperbincangkan sehari-hari. Cloud yang dimaksud di sini bukan berarti awan secara harafiah melainkan sebuah teknologi penyimpanan modern di era digital ini.

Tren ini membuat banyak penyedia layanan penyimpanan cloud bermunculan di berbagai area di Indonesia. Salah satunya yang paling marak adalah kehadiran cloud hosting murah, penyedia layanan yang menawarkan harga kompetitif dengan segudang keuntungan. Terlihat menarik tapi benarkah cloud hosting murah merupakan solusi yang tepat bagi bisnis Anda?

vibi3.jpg


Banyak yang salah paham. Komputansi awan dianggap murah jika dibandingkan dengan investasi yang dibutuhkan untuk membangun server atau ruang penyimpanan sendiri. Terlebih ketika perusahaan atau pengguna tidak selalu memiliki data dalam jumlah besar untuk disimpan.

Dari sisi teknologi, cloud sama sekali bukan teknologi yang murah. Ingat, menggunakan cloud berarti mempercayakan data kepada pihak ketiga. Keamanan dan kepercayaan tidak pernah berasosiasi dengan kata murah.

Ketika mencari cloud hosting jangan hanya berpatokan pada cloud hosting murah. Sebelum membandingkan harga ada baiknya memperhatikan beberapa hal, seperti:

Pilih hosting yang menyediakan layanan yang tepat sesuai kebutuhan. Layanan cloud terdiri dari Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Software-as-a-Service (SaaS). Setiap layanan memiliki kelebihannya masing-masing. Kenali setiap layanan sebelum memutuskan akan menggunakan yang mana.

Pilih hosting dengan model cloud deployment yang sesuai. Pilih mana, public cloud, private cloud, community cloud atau hybrid cloud? Sama seperti layanan cloud, kenali juga jenis hosting yang disediakan sebelum memilih. Pertimbangkan juga jenis data yang akan Anda simpan di cloud karena hal ini menyangkut tingkat keamanannya.

Pilih hosting yang sesuai kebutuhan. Banyak perusahaan yang bermigrasi menggunakan cloud untuk beberapa operasi tertentu dan tidak menggunakannya untuk keseluruhan operasi bisnis. Selalu lakukan identifikasi kebutuhan sebelum memutuskan hosting yang akan digunakan. Hosting yang cocok dengan kebutuhan untuk penyimpanan data dan sharing bisa saja tidak cocok bagi perusahaan yang membutuhkan cloud untuk e-commerce web hosting.

Pilih hosting dengan keamanan terbaik. Mungkin cloud hosting murah menyediakan layanan yang dibutuhkan, memiliki cloud deployment sesuai dan cocok dengan kebutuhan tapi sebelum mempertimbangkan tingkat keamanannya jangan terburu-buru memutuskan untuk menggunakan layanan yang ditawarkan. Keamanan harus selalu menjadi prioritas utama. Cari tahu tingkat keamanan yang ditawarkan. Pastikan tingkat keamanan yang mereka miliki sangat memuaskan.

Setelah mempertimbangkan keempat poin di atas, jangan lupa untuk mengevaluasi penyedia cloud hosting murah pilihan dengan melihat sejarah perusahaan mereka. Cari tahu siapa saja yang menggunakan jasa mereka, apa yang sudah mereka lakukan, atau bagaimana mereka menghadapi sesuatu yang tidak terduga. Komputansi awan akan terus berkembang. Penyedia cloud hosting terbaik bukan yang menawarkan harga termurah melainkan mereka yang mampu berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan cloud.

Sumber
 
Back
Top