Waspada! 7 Hal Buruk yang Bisa Dialami Anak Saat Kecanduan Game di Internet

Kalina

Moderator
Semakin canggihnya teknologi membuat pemainan tradisional untuk anak-anak semakin tersingkirkan. Anak-anak kini lebih memilih bermain dengan gadget atau permainan yang bisa didapatkan dengan mudah di internet. Keseruan yang didapat dan mudahnya akses internet, bisa membuat anak menjadi kecanduan pada permainan-permainan di dunia maya tersebut.

Ketika anak sudah kecanduan berbagai game di internet, hal ini dapat mendatangkan berbagai efek negatif pada diri si buah hati. Apalagi kini banyak anak-anak menghabiskan waktunya lebih sering duduk di depan komputer atau gadget mereka tanpa memperhatikan waktu istirahat. Hal tersebut membuat kesehatan mental dan fisik buah hati Anda terganggu. Dikutip dari Bold Sky, inilah efek yang akan dialami buah hati yang kecanduan bermain komputer.

1. Sakit Mata
Jika anak Anda menghabiskan waktu seharian di depan monitor, matanya aakan terganggu. Jika buah hati Anda matanya terlalu sering menatap layar gadget, bisa jadi dia terkena Computer Vision Syndrome (CVS), dimana penglihatannya akan terganggu dan terasa sakit dabagian mata.

2. Jari & Pergelangan Tangan Terasa Nyeri
Terus-terusan duduk di depan komputer dengan postur tubuh yang salah bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Jika anak Anda mengeluh bagian pergelangan tangan dan jarinya nyeri dan sakit atau ada sensasi terbakar di syaraf, segera perbaiki postur duduknya di depan komputer.

3. Obesitas
Karena terlalu fokus di depan komputer anak akan kurang bergerak. Anak yang kurang bergerak akan mengalami kemungkinan obesitas yang lebih besar. Obesitas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada buah hati Anda.

4. Tingkah laku Berubah
Banyak permainan yang sebenarnya tidak boleh dimainkan oleh anak di bawah umur, karena mengandung kekerasan dan pornografi. Perilaku kekerasan yang diajarkan dari permainan di internet tersebut bisa membuat buah hati menjadi lebih agresif di kehidupan nyata.

5. Anti Sosial / Kurang bersosialisasi
Bagi anak-anak mungkin lebih menyenangkan bermain game daripada bermain dengan teman-teman sebayanya. Jika buah hati Anda, tidak menghiraukan perkataan Anda dan justru fokus bermain game, dia sudah terkena efek dari kecanduan komputer.

6. Kurang Tidur
Penelitian menemukan bahwa bermain komputer secara terus menerus dapat mempengaruhi waktu tidur. Blue light atau cahaya biru yang dipantulkan monitor komputer akan membuat anak Anda susah tidur.

7. Kemampuan Akademik Menurun
Ketika buah hati Anda sudah kecanduang dengan komputer, pasti akan sulit menyempatkan waktu untuk belajar, sehingga prestasi di sekolah akan menurun. Selain itu, konsentrasi di sekolah akan berkurang karena anak lebih fokus ke game di gadgetnya.

Sebenarnya Anda bisa mengontrol buah hati Anda dengan menetapkan waktu bermain. Cek aktivitas hariannya saat sedang bermain dengan menggunakan internet. Kenalkan anak Anda pada dunia luar seperti olahraga atau wisata alam. Sebagai orangtua tentu Anda harus tegas dan menerapkan disipilin ke buah hati Anda, agar ia mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak.

Wolipop
 
Back
Top