Coffee Addict tapi punya Maag?

buenoseo

New member
Bagi para pecinta Kopi, maag adalah salah satu momok yang paling ditakuti. Bagaimana tidak, beberapa teguk dari kenikmatan sesaat mampu menimbulkan penderitaan hingga berhari-hari.

Kenapa hal tersebut dapat terjadi?

Beberapa pakar menyimpulkan bahwa kopi memiliki kadar kafein yang mampu memicu asam lambung tinggi. Walaupun begitu, bagi Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit maag, tidak perlu takut untuk mengkonsumsi kopi selama berada pada batas yang wajar. Karena kopi sendiri tidak dapat menyebabkan penyakit maag.

Penyakit maag sendiri, muncul disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori (atau yang bisa disingkat menjadi H. Pylori) yang menyebabkan infeksi pada lambung. Bakteri ini menyebabkan sejenis luka kecil pada dinding lambung yang dalam ilmu kedokteran disebut sebagai ulkus atau tukak lambung. Ulkus atau tukak lambung ini berbentuk seperti kawah kecil atau bisul pada dinding lambung yang mana jika terkena asam akan menyebabkan perih yang luar biasa. Namun, pada beberapa kasus, penggunaan obat dan merokok juga menimbulkan penyakit maag.

Bagaimana jika ingin menyembuhkan Maag?

Ada 2 tingkat penyakit maag, yaitu penyakit maag akut dan penyakit maag kronis. Maag akut lebih ke arah penyakit maag yang hanya bersifat muncul seadanya. Dalam hal ini, jika terlambat makan atau makan makanan yang mengandung asam atau pedas. Maag akut memiliki beberapa opsi penyembuhan. Berbeda dengan maag akut, maag kronis sudah mencapai tahap lebih lanjut pada penyakit maag. Pada penderita maag kronis, kondisi radang lambung sudah berubah menjadi luka yang dapat menimbulkan pendarahan atau dalam istilah kedokteran Peptic Ulcer.

Beberapa opsi untuk penyembuhan maag akut dapat dengan :
- Biopsi
- Polymerase Chain Reaction (PCR)
- Entero-test
- Obat Penyakit Maag Tradisional

Terlalu Sulit?

Tips jika anda memiliki penyakit maag akut namun ingin segera mencicipi seteguk kenikmatan kopi tanpa harus melewati pengobatan :

1. Cari Kopi yang aman untuk Lambung
Dalam hal ini, Anda bisa mencoba untuk meminum kopi Robusta. Jika gejala sakit masih berlangsung, Sudah waktunya untuk pindah ke kopi yang memiliki kadar kafein lebih rendah yaitu Arabika.

2. Batasi Jumlah Konsumsi
Pembatasan jumlah konsumsi sangat penting, karena meminum kopi dalam jumlah berlebih akan menyebabkan daya tahan terhadap kafein menjadi lebih rendah dan meningkatkan asam lambung menjadi lebih parah. Maksimal 3x sehari.

3. Jangan Minum di saat perut kosong.
Hal ini paling penting bagi penderita maag. Minum di saat perut kosong akan meningkatkan asam lambung dan membuat maag akut terkadang bertambah parah menjadi maag kronis. Jika anda ingin segera meminum kopi, setidaknya usahakan untuk mengkonsumsi beberapa kepal nasi putih hanya untuk mengganjal saja.

Sumber :
http://maggo.co.id/blog/penyakit-maag/bisakah-sakit-maag-disembuhkan/
http://maggo.co.id/blog/tips/penyebab-tukak-lambung-atau-ulkus/
http://maggo.co.id/blog/tips/berapa-cangkir-kopi-dalam-sehari-yang-boleh-diminum-oleh-penderita-sakit-maag/
http://health.liputan6.com/read/2223064/penderita-maag-boleh-minum-kopi
 
Back
Top