Kebanyakan Dokter Lebih Memilih Meninggal di Rumah

Kalina

Moderator
KOMPAS.com - Banyak orang berkata mereka lebih suka meninggal di rumah dan dikelilingi orang terdekat, tapi mayoritas justru menghembuskan nafas terakhirnya di fasilitas kesehatan.

Sementara itu, dokter yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di rumah sakit, justru lebih memilih meninggal di rumah ketimbang di rumah sakit.

Hasil penelitian yang dilakukan Dr.Saul Belcker itu dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association.

Penelitian dilakukan melalui sensus dan data kematian 471.000 di Amerika untuk mengetahui di mana mereka meninggal antara tahun 1979 dan 2011. Para responden itu juga dibagi ke dalam kelompok profesinya, yakni dokter, profesi medis lainnya seperti dokter gigi, dokter hewan, perawat, apoteker, dan ahli gizi.

Sementara jenis profesi lainnya adalah orang yang tidak berkecimpung di dunia medis.

Dalam studi tersebut memang tidak disebutkan alasan mengapa banyak dokter yang lebih memilih meninggal di rumah.

"Dokter banyak melihat pasien yang mendapat terapi pengobatan serius di akhir hidupnya, dan hal itu sudah demikian intens. Dokter juga mungkin lebih paham keterbatasan pengobatan," kata Blecker.

Hasil penelitian itu juga mengungkapkan bahwa harapan seseorang sering tidak sesuai dengan kenyatakan. Misalnya saja tentang keinginan tempat mereka meninggal tersebut.
 
sebetulnya tergantung takdir sihh, jadi kita gatau kllo mau meninggalnya dimana
jangan lah kllo sampe pilih2 tempat untuk hal seperti itu
 
karna kalau meninggal di rumah sakit takut kana mereka tau banyak pasien yang meninggal dirumah sakit dijadiin bahan percobaan praktek haha
 
kenapa dokter memilih meninggal dirumah, karna klo meninggal di rumah sakit bayar, kan sebelum meninggal pastinya berobat dlu dirumah sakit hahaha
 
betul sekali, emang males lah ribet, dirumah mah bisa sambil dibacain yasin oleh semua orang yg hadir
 
dirumah itu ya, kita bisa dengan orang" terdekat secara tidak terbatas, sambil di iringi ngaji juga, indah kalau bisa meninggal begitu
 
Back
Top