Kenapa Air laut rasanya Asin?

Megha

New member
Kenapa Air laut rasanya Asin? Apakah ada yang memberinya garam??
1_bingung_gw.gif
 
Last edited:
Air laut rasanya ais??

Itu dikarenakan banyaknya manusia yang mandi dilaut, jadi keringat dan daki dari para turis semuanya berkumpul dilaut makanya laut jadi asin, ha...ha... bercanda kok.

ceritanya begini pada suatu hari lebai malang pergi menjual garam ke malaysia, diperjalanan kapalnya karam dan garam yang dibawanya tertumpah kelaut makanya laut jadi asin... ha....ha.... bercanda lagi.

sebenarnya begini, karena laut adalah air yang begitu luas pengupan terhadap air pun begitu besar, garam-garam dan mineral tidak ikut dalam penguapan makanya jadi asin, benar ga ya???
contohnya aja laut mati daerah itu kan lebih panas dan tentu lautnya lebih kuat menguapnya makanya kagar mineral dan garam disana menjadi kuat, mungkin itu sebabnya danau terbesar didunia itu dikatakan laut mati, mungkin ga ada yang mampu hidup di air yang garamnya pekat. Benarga ya????? saya pun hanya menebak nih... tapi ilmiahkan?????
 
Cuma mo ngelengkapin dikit...
tau kan ad ayang nama na siklus hidrologi...
dimana aer laut menguap, dibawa ke daratan, ujan, masuk ke tanah, terus balik ke laut..

Nah.....aer yang masuk ke tanah terus balik ke laut itu membawa banyak mineral dari daratan, dan seperti yang beast666 bilang..mineral2 itu ga bisa menguap, akibat na...aer laut jadi asin..

ngomong2...
dulu pernah ada pertanyaan juga kenapa aer laut asin...
dan aneh na, dulu pernah ada teori *dari ilmuwan* dimana kata na, aer laut bsia asin karena Tuhan yang nyiptain kaya gt...LOL....aneh~
 
ntu om monkey sama om beast666 dah jelasin yang sedikit ilmiah..hehehehe...
klo mw tw lebih lanjut....ada kok di ensiklopedia..hehehehe...
mw aku post seh tp banyak banget penjelasanya ..:D lagi males ketik banyak negh..hehehe...bsok ya klo lagi gak betmut ngetik banyak..hehehehe..:D
 
Bls: Kenapa Air laut rasanya Asin?

Air laut adalah air dari laut atau samudera. Air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCl).

Walaupun kebanyakan air laut di dunia memiliki kadar garam sekitar 3,5 %, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya. Yang paling tawar adalah di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik. Yang paling asin adalah di Laut Merah, di mana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai. Kadar garam di beberapa danau dapat lebih tinggi lagi.

Air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Contohnya natrium, kalium, kalsium, dll. Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tersebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga dapat menghasilkan garam yang terdapat pada batu-batuan. Lama-kelamaan air laut menjdai asin karena banyak mengandung garam.
 
Bls: Kenapa Air laut rasanya Asin?

terimakasih teman-teman yang sudah ikut partisipasi, tunggu sms bintang dariku yah
 
Bls: Kenapa Air laut rasanya Asin?

Sebenernya semua air (sungai, kali, danau dll) mengandung mineral garam. Hanya saja air sungai itu mengalirkan endapan mineralnya ke laut. Jadi semua mineral garam itu berkumpul di laut sehingga air laut lebih asin 220 kali daripada air-air di tempat lain. Dan ditambah juga laut, menurut sejarahnya, terbentuk 4,4 milyar tahun yang lalu, dimana awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (dengan suhu sekitar 100 °C) karena panasnya Bumi pada saat itu. Asamnya air laut terjadi karena saat itu atmosfer Bumi dipenuhi oleh karbon dioksida. Keasaman air inilah yang menyebabkan tingginya pelapukan yang terjadi yang menghasilkan garam-garaman yang menyebabkan air laut menjadi asin seperti sekarang ini.

Di seluruh pelosok dunia, sungai mengirim sekitar 40 milyar ton garam ke laut setiap tahunnya.

-dipi-
 
Back
Top