Bikin Bakso Brokoli

sinici

New member
bakso-brokoli.jpg

Anak anda tidak menyukai sayuran ?, tapi ia menyukai bakso?, cobalah anda membuat bakso sendiri dengan campuran sayuran brokoli yang dihaluskan sebagai campuran adonan bakso, bila pengusaha bakso menggunakan mesin bakso dalam membuat baksonya namun bila anda ingin membuat bakso sendiri dirumah anda tak perlu menggunakan mesin tersebut karena jumlah bakso yang anda buat hanya untuk keluarga anda anda cukup menggunakan peralatan sederhana seperti mixer sebagai alat pengaduk dan tangan anda untuk mencetak bakso, banyak anak kecil yang menyukai makanan bakso, suatu saat anak anda susah makan sayuran anda bisa mensiasati bakso yang anda buat sendiri di adonannya di campur dengan sayuran seperti brokoli atau sayuran lainya agar asupan serat serta vitamin yang terdapat dalam sayuran masuk kedalam tubuh anak anda dan anda bisa mencukupi kebutuhan gizi untuk anak anda melalui makanan yang disukai oleh anak anda, berikut ini ada resep bakso yang dicampur dengan sayuran brokoli.

Bahan-bahan: 1 kilogram daging sapi, 100 gram tepung tapioka, 6 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 500 gram brokoli, 2 butir telur, gula secukupnya (saya pakai 1 sdt cuma sebagai penguat rasa), garam secukupnya (saya pakai 3 sdt), 1/2 sdt merica bubuk, bawang putih goreng (bila suka), bawang merah goreng (bila suka),

Cara membuat: Didihkan air dalam panci. Potong-potong kecil daging, agar mudah dihaluskan.
Masukkan semua bahan dalam food processor (saya pakai blender). Proses hingga benar-benar tercampur. Jika food processor sekiranya tidak bisa menghaluskan bawang putih serta bawang merah, keduanya bisa dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Atau bahkan dihaluskan sebelum masuk food processor. Jika adonan kurang bisa dibentuk, bisa ditambahkan tapioka. Gunakan 2 buah sendok dalam membentuk bakso. Saya membentuknya masih belepotan.
Bakso yang sudah dibentuk, langsung dimasukkan ke dalam air mendidih. Jika bakso sudah mengambang tunggu kurang lebih 5 menit, baru angkat dan tiriskan. Bisa dihidangkan dengan dengan saos tomat, saos cabe ataupun kecap pedas.

Demikian resepnya semoga bermanfaat untuk anda saat ingin membuat bakso tersebut buat anak anda atau keluarga anda dirumah.
 
Back
Top