Haruskah mendidik anak dengan cinta?

raratania

New member
mendidik-anak.jpg

Ada pribahasa yang mengatakan, seganas-ganasnya macan maka tidak mungkin memakan anaknya sendiri. Pribahasa itu sepertinya tidak berlebihan, karena sebagai orang tua pasti sangat mencintai anaknya, meskipun seburuk apapun perlakukan sang anak.

Tapi, sayangnya banyak orang tua yang tidak tahu cara mengekspresikan rasa cinta kepada anak-anaknya. Jujur saja saya sangat sedih dan terharu kalau ada orang tua yang menjewer kuping sang anak atau memarahinya di depan umum, hanya karena ia nangis minta permen yang tidak dibelikan oleh orang tuanya sendiri. Hal tersebut tentu membuat anak menjadi berani terhadap orang tua.

Tadi aku baca artikel dari halaman merries.co.id, mereka melansir bahwa pola asuh penuh cinta akan membuat anak memiliki kepercayaan diri yang besar, mudah berprestasi dan memiliki mental yang tangguh.

Cara menunjukan rasa cinta ke si kecil pun sangat mudah, salah satunya lewat kata-kata, “bunda, sayang dede….”, kalau kata ini terasa sulit terucap, cobalah dengan beberapa trik lainnya.

Mungkin bunda bisa langsung simak di SUMBERnya, biar lebih jelas.
 
Last edited by a moderator:
paling sulit lhu kalau nahan emosi, tapi semarahnya orang tua ke anak jangan sampailah main tangan, kasihan anaknya
 
Setuju, tapi sayangnya banyak orang tua yang justru mendidik anak dengan kekerasan. Makanya pendidikan yang tinggi bagi orang tua itu penting banget.
 
yaa memang perlu dgn cinta sih, dengan kebaikan juga,... kalo didiknya dgn emosi yang ada nanti anaknya ga akan baik dan ngelawan
 
Anak bandel atau berandalan biasanya mereka bisa begitu karena kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tua.

Tapi, anak-anak yang berprestasi biasanya emang segala sesuatunya selalu didukung oleh orang tuanya.
 
Back
Top