Kenali Ciri-ciri Makhluk Hidup di Sekitar Kita

wizamrobbani

New member
Anjing-Lari.jpg


Makhluk hidup adalah organisme atau suatu sistem yang merespon terhadap perubahan lingkungan (adaptasi) baik di dalam maupun di luar tubuh mereka sendiri. Tujuan respon tersebut untuk meneruskan hidup mereka agar dapat memiliki umur yang lumayan lama.

Beberapa kemampuan unik yang dimiliki makhluk hidup selain berkembang biak dan bernafas ialah mampu berburu serta dapat melacak dimana posisi mangsa buruan mereka berada.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

1. Bernapas

Semua makhluk hidup tentu melakukan proses pernapasan. Bernapas berarti mengambil udara berupa oksigen (O2) dari luar tubuh mereka. Kemudian dilanjutkan dengan mengeluarkan karbon dioksida (CO2), sebaliknya dengan tumbuhan.

Oksigen ini penting, karena berperan sebagai salah satu syarat pembakaran makanan di dalam tubuh. Pembakaran makanan tersebut akan menghasilkan energi baru yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Bergerak

Terlihat secara jelas jika manusia dan hewan selalu bergerak atau beraktifitas pada kehidupan keseharian mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa alat gerak pada tubuh makhluk hidup agar dapat bergerak secara leluasa.

3. Makan

Mencerna makanan merupakan salah satu ciri-ciri makhluk hidup yang tak kalah penting dari yang lain. Tanpa makan, mustahil jika makhluk hidup tersebut dapat hidup bertahan lebih lama. Setidaknya makhluk hidup memerlukan makanan yang mengandung energi di dalamnya.
 
Back
Top