Ngobrolin Seputar Drama Reply 1988, yuk!

waterflow_rio

New member
Saya baru selesai nonton Reply 1988. Sebuah drama series Korea, yg merupakan lanjutan dari Reply 1997 dan 1994. Seperti biasa, ada banyak sekali pelajaran yg bisa dipetik dari drama ini. Bukan hanya budayanya, tapi juga sejarah. Tapi tidak seperti seri sebelumnya, kali ini ada yg berbeda dari sisi alur relationship para tokohnya. Emang bedanya dimana? Nanti dulu, jawaban pertanyaannya diobrolin, kalo warga ii udh ada yg nonton. Komen duluan aja, biar entar obrolannya mengalir seperti keringat (!)​

Karena masih banyak yang belum tau tentang drama keren ini, saya rasa perlu untuk mencantumkan informasi dasar seputar drama ini. Berikut ini profil tentang drama Reply 1988 yang saya kutip dari Wikipedia English:​

reply-1988.jpg


REPLY 1988

Also known as : Answer Me 1988, Respond 1988
Genre : Family, Comedy, Romance
Written by : Lee Woo-jung
Directed by : Shin Won-ho
Starring : Lee Hyeri, Park Bo-gum, Ryu Jun-yeol, Go Kyung-pyo, Lee Dong-hwi
Country of origin : South Korea
Original language(s) : Korean
No. of episodes : 20
Location(s) : South Korea
Original network : tvN
Original release : November 6, 2015 – January 16, 2016
Preceded by : Twenty Again
Followed by : Signal
Related shows : Reply 1997, Reply 1994

Reply 1988 (Hangul: 응답하라 1988; RR: Eungdabhara 1988) is a 2015 South Korean television series starring Lee Hyeri, Park Bo-gum, Ryu Jun-yeol, Go Kyung-pyo, and Lee Dong-hwi. It is a family drama set in the year 1988, about five families living in the same neighborhood of Ssangmun-dong, Dobong District, Northern Seoul.

Inspired by MBC's Three Families Under One Roof (1986), it is the third installment of tvN's Reply series. Reply 1988 received both critical and audience acclaim with its finale episode recording an 18.6% audience share making it the highest rated drama in Korean cable television history.

Main characters

  • Lee Hyeri as Sung Deok-sun / Sung Soo-yeon
    The middle child of her family, she is infamously ranked 999th in school and is the only girl in their group of five neighborhood friends.
  • Park Bo-gum as Choi Taek
    A genius baduk player who is mostly quiet and struggles with simple day-to-day tasks.
  • Ryu Jun-yeol as Kim Jung-hwan
    Stoic and sarcastic, grumbles a lot, loves soccer and also one of the top students in school.
  • Go Kyung-pyo as Sung Sun-woo
    A caring brother and a dependable son to his family.
  • Lee Dong-hwi as Ryu Dong-ryong
    The geek of the group, but more knowledgeable about girls and life in general.

Reference : WIKIPEDIA
 
Last edited:
Ini drama udah lama banget kan ya? tapi emg oke sih...

Kalo untuk Reply 1997 airednya mulai Juli 2012 - Sep 2012, untuk Reply 1994 mulai Okt 2013 - Des 2013, dan terakhir Reply 1988 mulai Nov 2015 - Jan 2016. Yang terakhir kurang lebih 2 minggu yg lalu abisnya. Udah nonton non/den?
 
Sma gak sih sma reply 1997, soalnya gua baru nntn yang 1997

Kalo secara keseluruhan jelas beda non. Seri kali ini terutama, makin kompleks ceritanya, dan makin sulit ketebak setiap scenenya. Tapi kalo menurut gua sih, non mending nonton yang seri 1994 dulu sebelum nonton yg ini. Karna bakalan lebih kerasa storylinenya. Di Reply 1994, non bakal ketemu ama scene dimana tokoh Reply 1997 muncul disitu. Gitu juga di Reply 1988 ini, muncul juga tokoh dari Reply 1994.

Yang sama dari seri ini ama seri2 sebelumnya, ya cirikhas dari drama Reply itu sendiri. Tapi ada beberapa yg bikin beda Kayak:

  1. Lovelinenya yang ngajak penonton nebak, siapa the lastest main couple (sisi ini yg paling banyak mengecewakan penonton), bener2 gak banyak yg nyangka bakal berakhir di kedua couple tersebut;
  2. Karakternya bertambah banyak, dan problem seputar mereka (family) juga semakin kompleks;
  3. Latar belakang atau setting lokasi yg semakin luas. Kalo Reply sebelumnya kebanyakan di satu-dua rumah, kali ini ada empat rumah, dan pembagian scenenya juga berimbang alias gak banyakan disalah satu rumah;
  4. Tentu saja pemerannyaa juga ganti, dan tetap tokoh2 fresh. Dan berhasil membuat gua selalu jatuh cinta ama pemeran utama wanitanya. Karna karakter yg grasak-grusuk lebih dari wocow. I love the girl with this kind of character :)
  5. Masih banyak yg gak ketebak lainnya, dan kesannya dijamin unexpected!
 
Last edited:
isinya kehidupan tahun 1997-1998 gitu ya?
filmnya dibuat saat ini atau tahun 1997-1998?

Ini dia nih pertanyaan paling penting bagi org yg belum nonton samasekali. Awalnya sebelum nonton seri pertama, saya juga nanya2 gitu. Jadi, ini dramanya dibuat tahun2 skrg den. Tapi backgroundnya ya tahun2 '97, '94 & '88. Pesan utama drama ini, mengenang kembali kejadian2 bersejarah dimasa2 itu di Kor-Sel, den. Epic dramanya den, for sure!
 
Ini dia nih pertanyaan paling penting bagi org yg belum nonton samasekali. Awalnya sebelum nonton seri pertama, saya juga nanya2 gitu. Jadi, ini dramanya dibuat tahun2 skrg den. Tapi backgroundnya ya tahun2 '97, '94 & '88. Pesan utama drama ini, mengenang kembali kejadian2 bersejarah dimasa2 itu di Kor-Sel, den. Epic dramanya den, for sure!
menarik juga sepertinya, padahal seperti belum lama tahun 1997
 
menarik juga sepertinya, padahal seperti belum lama tahun 1997

Iya den, disitu juga kita bisa liat gimana Kor-Sel ngalamin krisis moneter global. Setting memang tahun segitu den, tapi gak ngerusak mood kok nontonnya. Karna mereka gak cuma nunjukin jadulnya doang. Pokoknya epic dah den. Tonton aja coba.
 
Back
Top