Mengenal Asal Muasal Bakso

sinici

New member
mesin-bakso-modern.jpg

Tak banyak yang tau asal muasal makanan bakso yang kini sudah terkenal dan disukai oleh semua kalangan serta kini menjadi bisnis yang profesioanal yang tidak dibuat dengan cara manual lagi dengan tangan, walau masih ada pedagang biasa yang membuat masih membuat dengan tangan karenA belum memiliki mesin sendiri, kini membuat bakso sudah menggunakan mesin bakso yang penggunaannya dapat mempudahkan pembuatan bakso lebih cepat dari sebelumnya seperti cara manual karena sekarang sudah lebih canggih, namun taukah anda bagaimana sejarah asal muasal makanan bakso.

Ceritanya begini asal mula makanan bakso ini dahulu, ada anak yang prihatin ibunya tidak mendapatkan makanan daging. lalu anak tersebut berjuang agar ibunya tersebut dapat memakan daging tanpa kerepotan. Lalu anak itu mempunyai ide untuk menggiling daging yang didapatnya dengan susah payah membuatnya dalam bentuk bulat-bulat makanan tersebut disebut bakso. Ide anak tersebut berhasil, Karena memudahkan orang untuk memakan daging dalam bentuk yang berbeda, lalu bakso dengan cepat sukai banyk orang dan menjadi popular.

Awalnya, makanan bakso memang berbahan dasar daging babi. Tapi karena penduduk di Indonesia mayoritas beragama islam, daging babi kemudian diganti dengan daging sapi, ayam, atau ikan. Kata “Bakso” berasal dari bahasa hokian bak artinya babi, so artinya makanan bila diartikan berarti olahan makanan dari daging babi, kita sering menjumpai olahan makanan yang mirip dengan bakso, terjyata itu adalah bakwan arema tetapi dengan nama bakwan. Ternyata, di Surabaya, olahan daging berbentuk bundar ini disebut bakwan. “Bak” artinya daging, sedangkan “wan” artinya bundar, jadi bakwan artinya daging bundar (bulat).

Itulah sejarah asal muasal makanan bakso yang kini populer dan semakin terkenal serta disukai banyak orang untuk dimakan dalam setiap kesempatan dan setiap waktu yang dimau, semoga menambah pengetahuan anda.
 
Back
Top