Trik Perawatan Mesin Roti

sinici

New member
Mesin roti merupakan alat yang harus dimiliki bagi semua pengusaha roti untuk meningkatkan produksi serta omset penjualan mereka, juga untuk menjamin roti yang mereka buat sempurna hasilnya. Seiring dengan perkembangan jaman dan seiring dengan pekembangan tekhnologi yang kian maju, mesin ini sudah memiliki variasi yang beragam mulai dari fungsi dan spesifikasinya. Diantaranya ada mixer, proofer atau pengembang roti, mesin donat, oven roti, dan lain-lain yang diantara semua itu juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Macamnya yang berbeda-beda pun memiliki cara penggunaan serta perawatan yang berbeda – beda pula. Pada kesempatan kali ini, kami pun lebih tertarik untuk membahas bagaimana cara menjaga dan merawat alat-alat tersebut agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

mesin-roti-3.jpg

Di sini saya akan membahas satu per satu tips merawat mesin roti dengan baik. Berikut penjelasannya:

Mixer
Mixer merupakan alat yang digunakan untuk mencampurkan dan mengadukkan bahan-bahan untuk membuat roti. Dalam merawat mixer sebenernya tidak terlalu repot, hal terpenting agar mixer tetap awet adalah gunakan mixer ini sesuai dengan tata cara penggunaannya. Saat mixer pertama dinyalakan, nyalakan dengan level terendah kemudian naikkan levelnya dengan bertahap. Setelah selesai digunakan, bersihkan bagian-bagian mixer dengan kain basah dan cuci bagian kaki mixernya dengan air hingga bersih. Hal yang paling utama adalah jauhkan dari jangkauan anak-anak agar mixer tetap aman dan tidak menyebabkan benturan atau jatuh pada mixer.

Proofer (Pengembang Roti)
Proofer merupakan alat yang digunakan dalam proses pembuatan roti yang berfungsi untuk membuat roti terlihat mengembang agar cantik dan sempurna. Cara merawat proofer ini tidak sebanyak bagaimana cara merawat mixer. Karena proofer lebih simple. Cukup gunakan sesuai tata cara penggunaan dan bersihkan setelah menggunakannya, kemudian simpan di tempat yang aman dan terjangkau.

Mesin Donat
Dilihat dari namanya, mesin donat ini adalah mesin yang digunakan untuk membuat donat agar lebih mudah dicetak. Cara merawat alat ini tidak sulit, cukup bersihkan saja dengan kain basah setelah selesai digunakan. Selain itu apabila alat ini jarang digunakan, sebaiknya anda juga tetap harus rajin membersihkannya agar alatnya tetap bersih da terawat.

Oven
Oven digunakan untuk memanggang adonan roti agar roti matang sempurna. Cara merawat oven ini juga tidak susah. Setelah selesai menggunakannya, bersihkan oven sampai ke bagian dalam untuk memastikan tidak ada sisa adonan roti yang menempel.

Dari tips-tips di atas, ada salah satu hal yang paling penting. yaitu untuk menjaganya agar tidak jatuh atau terbentur, karena mesin roti di atas sangat sensitif apabila sampai jatuh atau terbentur keras. Semoaga tips yang telah kami berikan di atas bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.
 
Wihiii, artikel yang sangat membantu para newbie baker nih, thanks yaa. Maklum baru mulai hobi bikin kue dan bikin roti-rotian, jadi butuh banget artikel-artikel resep dan perawatan alat kayak mixer untuk membuat kue dll. Makasih ya, izin safe jugaa..
 
Back
Top